PBI UII REPRESENTATION IN FPSB MARCOMM : MARCOMM SEBAGAI RUANG BELAJAR, BERKONTRIBUSI KARYA & MEMBANGUN NETWORK

Marketing and Communication FPSB UII atau lebih dikenal dengan sebutan MarComm adalah sebuah lembaga yang di bentuk untuk mempromosikan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII. Lembaga yang di bentuk pada tahun 2013 lalu ini memberikan kesempatan untuk para mahasiswa/i terpilih Fakultas untuk ikut beraktvitas dalam lembaga/ organisasi tersebut yaitu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, prodi Psikologi, prodi Ilmu Komunikasi, dan prodi Hubungan International yang berada dalam naungan FPSB.

Siti Maryam adalah salah satu mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa Inggris FPSB UII dari angkatan 2013 yang ikut serta dan berperan aktif menjadi bagian dari MarComm FPSB selama 3 tahun/ 3 periode kepengurusan. Mahasiswi yang tergabung dalam Divisi Graphics Design and Promotion Tool itu menuturkan bahwa dirinya sangat senang dan bangga menjadi bagian dari MarComm karena ia dapat berkontribusi untuk universitas terutama sebagai perwakilan dari prodi agar prestasi dan capaian PBI UII dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

 Overall, sebagai perwakilan Pendidikan Bahasa Inggris di Marcomm, saya mendapatkan banyak pelatihan softskill seperti pelatihan public speaking, branding, marketing dan lain sebagainya serta berkesempatan untuk secara langsung mengimplementasikannya di lapangan yaitu melalui kegiatan roadshow dan kunjungan ke sekolah-sekolah serta dalam event pameran pendidikan di wilayah DIY-Jateng dan sekitarnyaujarnya.  

Disamping itu, Maryam juga mengajak mahasiswa/i Prodi Pendidikan Bahasa Inggris lainnya untuk tidak segan bergabung dengan Marcomm seperti dirinya dengan harapan adik-adik angkatannya akan mendapatkan pengalaman dan manfaat yang serupa dengan dirinya. Maryam menambahkan, “Walaupun sebagai prodi yang masih relatif baru di lingkungan UII, Prodi PBI telah terakreditasi B dan sangat mendorong serta memfasilitasi mahasiswa/i-nya untuk mencoba mendapatkan dan memanfaatkan berbagai ruang ekpresi dan kesempatan belajar yang tersedia melalui banyak kegiatan, baik yang ada di level prodi melalui PPL Australia,PPL ASEAN,  English clubs & competitions, maupun kegiatan yang ada di level fakultas, seperti berkegiatan melalui MarComm FPSB. Hal tersebut (baginya) penting untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, semangat untuk terus belajar & menambah wawasan serta membangun jejaring/ networking sedini mungkin sebagai bekal menjadi calon lulusan yang kompetitif.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.