Passage to ASEAN: Pengalaman Mahasiswa PBI UII Mengikuti Perjalanan dan Kunjungan Akademik ke 3 Negara di ASEAN

Ketika berbicara tentang luar negeri, orang sering kali berpikir tentang jalan-jalan, melanjutkan pendidikan, melakukan kunjungan bisnis,atau bahkan melakukan ketiganya secara bersamaan. Demikian halnya yang dilakukan oleh Nur Rohmi Lestari, mahasiswa semester 8 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII dan beberapa mahasiswa UII (dari beberapa prodi lainnya)  sebagai peserta dan duta dari Universitas Islam Indonesia pada kegiatan Passage To ASEAN yang diselenggarakan pada bulan Agustus tahun lalu.

 Passage To ASEAN atau yang lebih akrab disebut P2A merupakan program pengenalan ASEAN untuk mahasiswa dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Program ini diadakan sejak Juni 2012 oleh Rangsit University Thailand, Norton University of Cambodia, Duy Tan University of Vietnam, National University of Laos, serta Myanmar Computer Institute of Myanmar yang telah bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia sebagai salah satu cooperating and host university untuk program yang sama di wilayah Indonesia.

 

Tujuan dari P2A sendiri dimaksudkan agar pesertanya dapat menambah wawasan, pengalaman, dan mengenal lebih dekat negara-negara ASEAN tidak hanya melalui webdan game online saja, tetapi peserta diberikan kesempatan untuk terjun langsung dan berkunjung ke beberapa negara tersebut.

Sebagai calon peserta P2A, Rohmi dan mahasiswa UII lainnya wajib mengikuti program persiapan keberangkatan yang diadakan sekitar 6 bulan sebelumnya.  Persiapan tersebut meliputi meeting dan training rutin/ latihan menampilkan kesenian dan kebudayan Indonesia serta pembekalan pengetahuan tentang negara tujuan. Calon peserta dilatih agar lebih mandiri dan mampu bekerja sama dalam tim. Gelar budaya yang akan ditampilkam peserta P2A pada periode Agustus lalu meliputi seni tari, fashion show/ memperkenalkan pakaian adat Indonesia, dan presentasi pengenalan tentangIndonesia.

Dalam kegiatan kunjungan P2A pada bulan Agustus tahun lalu ( 10 25 Agustus 2015), Thailand, Kamboja, dan Vietnam menjadi  3 negara tujuan P2A rombongan mahasiswa UII. Negara tujuan pertama yang dikunjungi adalah Thailand, dilanjutkan dengan Kamboja, dan berakhir di Vietnam. Peserta  juga melakukan beberapa kunjungan ke kampus-kampus dan perusahaan. Di Thailand Rohmi dan rombongan berkunjung ke King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi ASEAN International Institute of Cambodia di Kratie. Selama di Vietnam, rombongan mengunjungi FPT software di Ho Chi Minh dan kampus FPT di Hanoi. Sebagai destinasi terakhir, rombonganmengunjungi Duy Tan University di Da Nang. Selama kunjungan ke kampus, peserta melakukan pertukaran budaya yang meliputi pertunjukan seni tari, fashion show, dan presentasi tentang negara masing-masing. Saat di Kamboja, Rohmi dan rombongan mahasiswa UII juga sempat melakukan aksi sosial membersihkan salah satu sekolah, mengecat tembok, dan bahkan menginap di sekolah tersebut. Tidak hanya itu, peserta dari UII  juga berkenalan dengan teman-teman dari kampus tujuan dan bertukar cinderamata. Rohmi menuturkan bahwa komunikasinya dengan mahasiswa- mahasiswa dari ASEAN tersebut bahkan masih terjalin hingga saat ini.

Sebagai salah satu perwakilan peserta P2A dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII, Rohmimerasa bersyukur karena bisa mendapatkanbanyak pengalaman dan pembelajaran dari keikutsertaannya dalam program tersebut. Rohmi jugasangat bangga bisa mendapatkan kesempatan memperkenalkan budaya Indonesia ke beberapa negara ASEAN dan dari kunjungan tersebut, Rohmi banyak belajar tentang kemandirian, manajemen waktu, berkomunikasi dengan orang-orang baru yang memiliki adat dan budaya yang berbeda, belajar bertoleransi dan lebih mengenalkehidupan akademik di beberapa kampus di negara ASEAN yang dikunjunginya.  

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.