Mahasiswa PBI UII mengembangkan media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis komputer

Setelah melalui proses pembelajaran di mata kuliah Computer-Supported Collaborative Learning selama satu semester, 30 orang mahasiswa PBI UII angkatan 2013 yang terbagi dalam 9 kelompok berhasil mengembangkan berbagai jenis media pembelajaran khusus untuk mengajar bahasa Inggris. Media yang dikembangkan mahasiswa menggunakan beberapa aplikasi berbasis komputer dan hasil produk terdiri dari 5 video, 2 Power Point Presentation dan 2 akun Instagram. Media video dan Power Point Presentation sudah melalui proses editing dan diunggah di Youtube dengan channel PBI UII atau dapat diakses pada alamat URL https://www.youtube.com/channel/UCYSLJn78EYkPOfJf0D-D2AQ.

Media pembelajaran yang dikembangkan mahasiswa diatas dapat menjadi pilihan dan berpotensi sebagai sarana penunjang pembelajaran bahasa Inggris yang menarik untuk digunakan  di kelas. Materi-materi tersebut antara lain tentang bagaimana cara berkomunikasi saat kita hendak membeli sesuatu (selling and buying), bagaimana kita bertanya dan memberikan petunjuk arah (giving direction), permainan mendeskripsikan gambar (describing picture), serta percakapan sehari-hari dan ekspresi kosakata yang biasa digunakan di restoran untuk memesan makanan/ minuman (ordering food and drink). Media video dan Power Point Presentation dikemas dengan semenarik mungkin, sehingga diharapkan mampu memberikan motivasi bagi siswa agar senang dalam mempelajari bahasa Inggris.

Untuk produk media pembelajaran mahasiswa yang berupa akun Instagram, media tersebut dapat diakses melalui akun eng_guess dan fun_traveling. Akun eng_guess digunakan sebagai media pembelajaran online dengan fokus materi untuk mendeskripsikan dan menebak nama atau profesi seseorang berdasarkan foto yang diunggah diakun sedangkan akun fun_traveling, mengajarkan kita untuk mempelajari dan menjawab dimana tempat lokasi berada sesuai dengan foto yang diunggah diakun.

Kemampuan mengembangkan media pembelajaran adalah salah satu kompetensi penting untuk mahasiswa PBI (Pendidikan Bahasa Inggris) UII karena penggunaan teknologi memang salah satu keunggulan yang dimiliki oleh PBI UII. Lulusan prodi ini nantinya diharapkan dapat menjadi pendidik bahasa Inggris yang ‘melek teknologi’ agar dapat memaksimalkan penggunaan media pembelajaran dalam mengajar bahasa Inggris sesuai dengan karakter jaman dan para pembelajarnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.