Sukses PPL 2013, PBI UII Kembali Menyelenggarakan PPL Australia 2014

Setelah sukses menyelenggarakan PPL Australia 2013, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) akan mengirimkan kembali para mahasiswanya ke Australia tahun ini melalui program PPL Australia 2014. Program ini sudah di selenggarakan sejak tahun 2007 berdasarkan hasil kerjasama antara PBI UII dengan Asosiasi Guru Bahasa Indonesia yang terpusat di Mornington Peninsula Secondary College. Hasil kerjasama ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan di tiga sekolah yaitu: Mornington Secondary College, Rosebud Secondary College dan

Dromana Secondary College.

Sebelum program PPL Australia 2014 dilaksanakan, PBI mengadakan workshop PPL 2014 sebagai ajang sosialisasi kepada seluruh mahasiswa PBI UII. Workshop yang dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Maret 2014 ini berisi berbagai informasi tentang PPL Australia dan panduan pengisian formulir. Animo mahasiswa sangat positif terhadap kegiatan ini. Beberapa mahasiswa menunjukkan ketertarikannya untuk mendaftarkan diri dalam seleksi PPL 2014 yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Tahapan seleksi dan pelatihan yang harus di ikuti mahasiswa sebelum mengikuti PPL ke Australia ini terbilang sangat menarik dan akan memberikan banyak manfaat serta pengalaman bagi masing-masing peserta. Tahapan tersebut adalah sebagai berikut: tes Toefl, tes psikologi, presentasi tentang Indonesia, presentasi seni, pertunjukan seni, pelatihan BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), pelatihan lintas budaya dan keimigrasian. Semua tahapan proses seleksi tersebut gratis tanpa ada biaya sedikitpun. Bagi mahasiswa yang berhasil lolos dalam tahapan-tahapan ini dan telah memenuhi standar nilai yang sudah ditentukan akan memiliki kesempatan untuk berangkat ke Australia dengan biaya pulang pergi gratis dari PBI UII.

Kegiatan ini merupakan sebuah kunjungan belajar bagi mahasiswa PBI UII ke Australia selama 2 minggu. Melalui kegiatan ini, mahasiswa PBI UII diharapkan mendapat pengalaman akademis untuk mempraktekkan bahasa Inggris mereka selama belajar di PBI UII secara langsung di lingkungan internasional dan dapat mengenal kehidupan sosial masyarakat serta memahami dengan baik lintas budaya yang ada. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi pengembangan mahasiswa dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FPSB UII untuk kedepannya.

 


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.