PBI UII Akan Terjunkan Lebih Dari 70 Mahasiswa Ke Berbagai SMP dan SMA di DIY Dalam Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2022

 

Guna mengasah kemampuan mengajar calon lulusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII), PBI UII akan selenggarakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah / School-based Field Study. Program ini bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan berbagai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi yang telah mereka pelajari dalam mata kuliah Reflective Peer Microteaching (RPM), Instructional Design, Language Classroom Management (LCM), dan Language Assessment ke dalam situasi yang nyata.

 

Sebanyak lebih dari 70 mahasiswa akan mengikuti program ini selama kurang lebih 2 bulan dan proses penerjunan mahasiswa akan dilaksanakan pada tanggal 19-29 September 2022. Selama kurang lebih 2 bulan tersebut, mahasiswa diwajibkan untuk mempraktekkan kemampuan mereka dalam mengajar di situasi ruang kelas nyata minimal 4 kali. Pada program PPL sekolah ini seluruh mahasiswa akan ditempatkan pada mitra-mitra sekolah SMP dan SMA sederajat yang berlokasi di DIY.

 

Selain melakukan praktek mengajar, para mahasiswa juga akan melakukan tugas-tugas keguruan lainnya seperti membuat rencana pembelajaran, menyusun bahan ajar dan melaksanakan tugas-tugas administratif lainnya. Dari seluruh pengalaman tersebut, diharapkan mahasiswa akan lebih memahami bagaimana kondisi sekolah dan pendidikan di kenyataan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.