PBI UII Gelar Sosialisasi Cambridge TKT untuk Mahasiswa dan Alumni

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) menggelar sosialisasi Cambridge Teaching Knowledge Test (TKT) pada hari Sabtu, 25 Juni 2022 lalu dalam rangka memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai program sertifikasi pengajar internasional kepada mahasiswa dan alumni. Sebanyak 35 mahasiswa dan alumni PBI UII angkatan 2014, 2018, dan 2019 hadir sebagai partisipan dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

 

Acara yang diselenggarakan secara daring ini dibuka oleh Intan Pradita, S.S., M.Hum. selaku Kepala Laboratorium Bahasa PBI UII. Beliau memberikan informasi detail tentang prosedur pendaftaran dan pemberian beasiswa mahasiswa PBI UII. Selanjutnya, acara ini diisi oleh Salma Maulani, S.Pd. sebagai pemateri sekaligus peraih Band 3 Cambridge TKT yang menyampaikan urgensi dan benefit yang didapatkan dari sertifikasi TKT Cambridge. Selain itu, sederet tips jitu juga dibagikan untuk meraih hasil tes yang maksimal mengingat pentingnya sertifikasi pengajar internasional ini bagi karir mahasiswa dan alumni sebagai guru di kemudian hari. Cambridge TKT dapat membuka peluang lebih besar dalam dunia kerja, khususnya para calon guru yang tertarik untuk menjadi tenaga pendidik di sekolah-sekolah internasional baik di dalam maupun luar negeri. Sosialisasi ini juga menyediakan beasiswa bagi 15 mahasiswa yang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Lebih lanjut, Salma menyampaikan bahwa sertifikat tersebut telah membantunya mendapatkan letter of acceptance (LoA) dari Monash University di Australia. 

 

Para peserta yang hadir menyatakan bahwa kegiatan seperti sosialisasi Cambridge TKT ini sangat penting untuk memberikan gambaran tentang sertifikasi ini guna menciptakan keselarasan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Perguruan tinggi sendiri merupakan perantara dan wadah yang untuk menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang berkualitas serta kompeten dalam bidangnya.

 

Cambridge TKT merupakan serangkaian kualifikasi pengajar modular yang diakui secara global untuk menguji pengetahuan dan keterampilan mengajar. Sertifikasi ini sangat penting dan diperlukan bagi para calon pengajar maupun pengajar berpengalaman, yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mengajar di sekolah bertaraf internasional. Di samping itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan baik antara PBI UII dengan para alumni. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dan alumni PBI UII mampu memiliki pengetahuan dan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan dan dinamika yang ada di lapangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.