PBI UII Gelar Workshop Content and Language Integrated Learning untuk Inisiasi Program Internasional di Sekolah

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) gelar workshop bertemakan Content and Language Integrated Learning (CLIL) sebagai salah satu bentuk kegiatan Pusat Layanan PBI UII. Dihadiri 18 guru dari semua mata pelajar dari SMA Budi Mulia Dua Yogyakarta, workshop ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan gambaran kepada para guru tentang penerapan CLIL untuk persiapan inisiasi program internasional di sekolahnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu,19 Juni 2022 di Laboratorium Bahasa PBI UII. 

 

Dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama workshop ini diisi dengan pemaparan materi Introduction to CLIL oleh Nizamuddin Sadiq S.Pd., M.Hum., Ph.D. Sebagai salah satu dosen yang pakar di bidang ini, dan membahas English as a Medium of Instruction (EMI) dalam penelitian doktoralnya, pada sesi ini beliau menjelaskan perbedaan konsep dari CLIL, EMI, dan konsep lainnya yang serupa. Melalui materi ini, diharapkan para guru nantinya dapat memilih konsep pendekatan pembelajaran bahasa yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 

 

Pada sesi kedua, kegiatan workshop dilanjutkan dengan membahas penerapan CLIL di kelas. Anandayu Suri Ardini S.S., M.A. sebagai salah satu dosen di PBI UII membagikan pengalamannya dalam menerapkan CLIL selama 4 tahun mengajar di International Program UII. Melalui kegiatan ini diharapkan para guru dapat mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilannya terkait penerapan CLIL didalam proses pembelajaran di kelas program internasional. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.