PBI UII Berkolaborasi dengan IKA PBI dan EDSA Sukses Selenggarakan Alumni Berbagi

Sebagai salah satu upaya dalam menjembatani pembangunan karir mahasiswa, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA PBI UII) dan English Department Student Association (EDSA UII) gelar acara alumni berbagi secara daring melalui Zoom video conference. Kegiatan yang bertajuk “Being Grateful in Building Your Career Path” sukses diselenggarakan pada Minggu, 19 Desember 2021 dengan mengundang alumni PBI UII baik dari lembaga pendidikan maupun dunia industri. Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan baik antara Prodi dan alumni, serta untuk memberikan gambaran dunia kerja bagi mahasiswa PBI UII.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Irma Windy Astuti S.S., M. Hum selaku Kaprodi PBI UII dan dimoderatori oleh Ferbiana Nerissa Arvenina selaku mahasiswa PBI angkatan 2018. Pada sesi pertama Uswatun Hasanah, S.Pd. selaku ketua IKA PBI UII periode 2020-2025 memperkenalkan keorganisasian dan program kerja ikatan alumni.

Sesi kedua diisi oleh M Ardan Firdaus K., S.Pd. selaku guru Bahasa Inggris di SMK Syubbanul Wathon dan mahasiswa Magister PBI Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ia menyampaikan pengalaman selama menjadi mahasiswa PBI UII dan perjalanan karirnya selepas lulus pada tahun 2019. Menurutnya, diperlukan kerja keras untuk sukses dalam berkarir.

Pada sesi ketiga, acara diisi oleh Egista Pregi F., S.Pd. selaku corporate employee di PT. Katolec Indonesia. Ia memaparkan tentang perjalanannya dalam meniti karir, tantangan yang dihadapi, dan peluang yang tersedia. Meski bukan bekerja di dunia pendidikan, tetapi menurut Egis pekerjaannya saat ini membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris karena kebanyakan rekan kerjanya berasal dari negara-negara lain. Sehingga apa yang ia pelajari selama kuliah di PBI UII sangat membantu dalam menunjang karirnya.

Pada sesi keempat, M Fatchan Faturrahman, S.Pd. selaku guru Bahasa Inggris di Afkaaruna Islamic School memaparkan tentang perjalanan karirnya dan kiat sukses wawancara kerja. Selain itu, ia berpesan kepada mahasiswa PBI UII untuk merencanakan karirnya sedini mungkin. Selanjutnya, sesi terakhir diisi oleh Laelah Al Mubarokah, S.Pd. selaku primary teacher di Sekolah Pelita Bangsa, Cirebon. Ia memberikan pemaparan tentang pengalaman dan perjalanan karirnya selama menjadi guru di sekolah berstandar internasional, serta tips dalam menghadapi wawancara kerja. Menurutnya setiap sekolah atau perusahaan memiliki standar dan proses perekrutan yang berbeda-beda, jadi elaborasikan informasi dan persiapkan dengan matang dalam melamar pekerjaan.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan tanya-jawab dan diskusi interaktif antara peserta webinar dan para narasumber. Selain itu di akhir sesi acara, kaprodi PBI UII berpesan untuk belajar menata niat, mengenali passion sedini mungkin, serta menghargai dan menikmati proses yang dijalani. Harapannya kegiatan ini bisa menjadi wawasan dan gambaran dunia kerja bagi para mahasiswa PBI UII, terutama mahasiswa angkatan 2018 sebagai calon alumni.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.