Dosen PBI UII Selenggarakan Kolaborasi Pembelajaran bersama Dosen dari Turki dan Jepang

Jejaring kemitraan yang dirajut Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) terdiri atas berbagai program kolaborasi baik dalam skala lokal, nasional, regional maupun internasional. Sebagai komitmen aktif berpartisipasi dalam mewujudkan internasionalisasi Prodi PBI UII, Intan Pradita S.S., M.Hum. gandeng dosen asing yaitu Dr. Cihad Gunduz dari Dicle University, Turki dan Prof. Andy Boon dari Toyo Gakuen University, Jepang dalam pembelajaran.

Kolaborasi ini diselenggarakan dalam dua tahap pada hari Selasa selama bulan Desember 2021. Tahap pertama yaitu kolaborasi dengan Dr. Cihad dalam mata kuliah English for Specific Purposes (ESP) Methodology, ia memberikan materi tentang bagaimana mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa kejuruan. Kegiatan ini diselenggarakan secara sinkronus melalui Zoom video conference selama empat kali pertemuan. Kolaborasi kedua yaitu dengan Prof. Andy dalam mata kuliah Critical Reading and Literacy yang dilakukan selama dua kali pertemuan baik secara sinkronus melalui Zoom, maupun asinkronus melalui video.

Diselenggarakannya kolaborasi pembelajaran ini bertujuan untuk memperluas jejaring kemitraan PBI UII dalam skala Internasional. Selain itu, kegiatan ini mampu mengembangkan profesionalisme dosen PBI UII, dan mahasiswa berkesempatan mendapat perspektif keilmuan yang bervariasi baik dari dosen lokal maupun internasional. Intan berharap kegiatan kolaborasi yang ia lakukan bisa menjadi model yang dapat diterapkan secara sistematis oleh dosen PBI UII lainnya. Lebih lanjut, ia menyarankan bahwa alangkah lebih baik jika kegiatan kolaborasi pembelajaran yang akan datang disepakati pada awal semester, sehingga program dapat terlaksana secara efektif dan optimal. (LA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.