PBI UII Selenggarakan Workshop Study Skill Bagi Mahasiswa Baru

 

Untuk mempersiapkan mahasiswa yang cakap dan tangguh dalam menghadapi dunia perkuliahan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) selenggarakan workshop study skill dengan mengusung tema “​​Transitioning into Higher Education: Time, Energy & Study Management for Freshmen”. Workshop in merupakan tradisi akademik yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun dengan menghadirkan figur intelektual yang inspiratif sebagai siasat untuk merevitalisasi semangat mahasiswa baru dalam menjalani perkuliahan.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 13 November 2021 secara daring melalui Zoom video conference ini menghadirkan Irma Windy Astuti S.S., M. Hum. selaku ketua prodi PBI UII, Dr.rer.nat. Dian Sari Utami, S.Psi., M.A. selaku dosen Program Studi Psikologi dan direktur Kemitraan/Kantor Urusan Internasional UII, serta Muhammad Jamil SIP selaku Kepala Divisi Direktorat Perpustakaan UII sebagai narasumber.

Pada sesi pertama, Irma Windy Astuti berpesan bahwa  mahasiswa PBI UII harus memiliki daya juang dan semangat yang tinggi dalam belajar.  Selain itu penting bagi mereka untuk peka terhadap peluang dan memanfaatkan segala kesempatan yang ada, sehingga akan menambah wawasan dan pengalaman selama menjadi mahasiswa.

Pada sesi kedua, peserta workshop dilibatkan aktif dalam diskusi bersama tentang pengalaman belajar sebelum dan setelah menjadi mahasiswa, manajemen waktu, serta bagaimana memanfaatkan peluang yang ada. Lebih lanjut, Dian Sari Utami sebagai pemateri sesi kedua menuturkan bahwa mahasiswa perlu menjadi tangguh dan lincah dalam menghadapi dunia perkuliahan, sebab mereka tidak lagi disuguhkan materi belajar secara lengkap tapi dituntut untuk mandiri.

Pada sesi terakhir, Muhammad Jamil SIP mengenalkan perpustakaan UII dengan kemegahan bangunan yang dilengkapi dengan adanya Candi Pustakasala atau mahsyur dengan sebutan Candi Kimpulan, dan museum perjalanan kampus UII dari masa ke masa. Selain itu, ia juga memaparkan tentang layanan yang disediakan oleh Direktorat Perpustakaan UII, mulai dari layanan jurnal dan buku Internasional, Edu VPN, dan layanan lainnya sebagai wujud dukungan akademik bagi mahasiswa UII.

Melalui kegiatan ini peserta workshop yang merupakan mahasiswa baru PBI UII diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupannya sebagai mahasiswa, sehingga bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi sesuai minat dan bakatnya masing-masing. (LA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.