Mahasiswa PBI UII Sabet Juara 2 Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional

 

Pandemi sama sekali tak menjadi penghalang bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) untuk giat dan produktif berkarya. Hal ini dibuktikan oleh Muhammad Reza Fauzan Adhima yang berhasil menyabet juara 2 dalam lomba cipta puisi pada ajang Padjajaran Islamic Fair (PIF) 2021 yang diselenggarakan secara daring oleh Syamil Universitas Padjajaran.

Menulis dan membaca puisi sudah menjadi kegemaran Reza sejak dulu, namun ia mengaku sama sekali tak menyangka bisa meraih predikat juara dalam kompetisi yang pertama kali ia ikuti ini. Dengan metafora dan personifikasi yang indah, karya orisinilnya ini mengusung tema “Aktualisasikan Kembali Ukhuwah Islamiyyah Kita di atas Akhlak Mulia Walau Terpisah Jaraknya” dengan judul Melepas Kemarau.

Ia juga mengungkapkan bahwa puisi tersebut sebenarnya realitas personal yang menggambarkan diri yang sedang berada dalam titik rendah dari sisi mental dan rohaniah. Keresahan yang menggulung membebani hati tersebut akhirnya lebur atas hidayah Allah SWT melalui ukhuwah islamiyyah yang saling menguatkan dan memberi dorongan.

Lomba cipta puisi merupakan salah satu dari empat cabang perlombaan yang ditawarkan PIF 2021 yaitu, poster, fotografi, dan pidato. Rangkaian event keislaman Syamil Universitas Padjajaran yang berkolaborasi dengan 16 Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) sukses dan diikuti oleh pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan universitas di Indonesia. Event tersebut betujuan untuk memperluas dakwah islam maupun persaudaraan atau ukhuwah, serta memacu kreativitas dan membudayakan ukhuwah islamiyyah yang jaraknya harus terpisah selama pandemi COVID-19.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.