PBI UII Laksanakan Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Peserta PPL 2021 Gelombang 2 Secara Virtual

 

Jelang pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) menggelar pembekalan sekaligus pelepasan mahasiswa peserta PPL 2021 gelombang kedua secara online pada Jumat dan Sabtu, 24 – 25 September 2021. Tujuan pembekalan ini tak lain adalah sebagai salah satu penanaman nilai-nilai dan kode etik keguruan bagi mahasiswa peserta PPL agar mahasiswa dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional.

Pada hari pertama, workshop pembekalan PPL yang diikuti oleh 43 mahasiswa ini dibuka dan diisi langsung oleh koordinator PPL PBI UII 2021, Willy Prasetya, S.Pd., M.A.. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan serangkaian informasi umum beserta prosedur PPL, perencanaan pengajaran, dan seputar strategi pembelajaran blended learning sebagai model pembelajaran yang akan diaplikasikan dalam konteks pembelajaran nyata. Tak lupa beliau juga memaparkan permasalahan-permasalahan PPL pada gelombang sebelumnya sebagai evaluasi agar tidak terjadi masalah serupa di pelaksanaan PPL gelombang kedua nantinya.

Di hari selanjutnya, pembekalan yang dibersamai oleh Banatul Murtafi’ah, S.Pd., M.Pd. selaku salah satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPL 2021 berlangsung sukses. Beliau menyampaikan penjelasan terperinci seputar persiapan perangkat pembelajaran termasuk media dan bahan ajar yang digunakan dalam pelaksanaan PPL seperti, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, prota, dan promes. Perangkat pembelajaran tersebut nantinya akan dikumpul ke DPL masing-masing mahasiswa sebagai luaran program PPL.

PPL sebagai rangkaian kegiatan terencana, terprogram, dan terbimbing melalui kegiatan magang di sekolah ini akan berlangsung selama 45 hari yaitu pada bulan Oktober hingga November. Tercatat sebanyak 41 mahasiswa diterjunkan ke 19 sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/Sederajat) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat) yang tersebar di berbagai wilayah yaitu Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera Barat, dan Kepulauan Bangka Belitung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.