Lolos Seleksi IISMA 2021, Dua Mahasiswa PBI UII Terima Beasiswa Studi di Universitas Terkemuka Dunia

 

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII). Dua Mahasiswa PBI UII berhasil menjadi bagian dari putra putri terbaik Indonesia yang menerima beasiswa studi di Universitas terkemuka dunia melalui program Indonesian International Mobility Awards (IISMA) 2021. Program mobilitas internasional mahasiswa indonesia ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) sebagai salah satu dari delapan program unggulan Kampus Merdeka.

 

Dua mahasiswa PBI UII yang berhasil meraih beasiswa IISMA 2021 dan akan menjalani kuliah selama satu semester di universitas terkemuka dunia adalah Mehrunnisa Ani Mufti (Middle East technical University, Turkey) dan Adisa Tiara Kinasihing Ramadhan (University of California, Davis). Selain berkesempatan untuk belajar di luar negeri, mereka juga memiliki kesempatan untuk memilih mata kuliah di luar kompetensi program studi mereka di Indonesia.

 

Dalam Studinya selama satu semester nanti, Mehrunnisa memilih 4 mata kuliah diantaranya Business Communication, Society and Culture, Cross Cultural Studies in Organization, dan Marketing and Culture. Sementara itu, Adisa memilih 2 mata kuliah kependidikan dan 2 mata kuliah lintas program studi, yaitu Presentation, Communication, and Collaboration Skills, English Structures and Strategies in Academic Writing,  Science, Technology, and Society, Food and American Culture.

 

Indonesian International Mobility Awards (IISMA) merupakan program yang membuka kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran dan pengembangan diri di sejumlah universitas bereputasi di dunia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, bertukar gagasan dan budaya, serta berjejaring membangun persahabatan dengan mahasiswa, pengajar, serta masyarakat secara umum di negara tempat mahasiswa melaksanakan program. Selanjutnya, program ini juga membantu mempersiapkan lulusan perguruan tinggi yang berkualitas, berpikiran terbuka, memiliki pengalaman dan pengetahuan global serta siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

 

Sebanyak 1000 penerima beasiswa IISMA 2021 direncanakan mulai belajar di Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) mitra Kemdikbud pada bulan September hingga Desember 2021 mendatang. Melalui program mobilitas internasional ini, mahasiswa yang terpilih difasilitasi dan diberikan kemerdekaan belajar untuk meraih capaian pembelajaran sesuai minat dan bakat mereka. Program ini diharapkan dapat menjadi modal bagi mahasiswa untuk berpikir holistik dan memiliki kemampuan berkarya secara interdisipliner. (FSA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.