Mahasiswa PBI UII Laksanakan PPL Daring di 12 Provinsi

Pandemi COVID-19 telah memaksa siswa dan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Perubahan pelaksanaan pembelajaran yang mendadak dan drastis ini menimbulkan banyak permasalahan baik bagi guru maupun siswa, baik dalam hal metodologi pembelajaran, fasilitas, maupun motivasi. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) melalui program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) terjun secara langsung ke sekolah untuk turut serta menghadapi permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring dengan menerapkan ilmu dan kemampuan yang didapatkan selama kuliah.

90 mahasiswa PBI UII diterjunkan ke 45 sekolah tingkat menengah pertama dan atas di 12 provinsi: Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut dimungkinkan karena mahasiswa memiliki pilihan untuk melaksanakan PPL di daerah asal untuk mengurangi kemungkinan terjadinya transmisi COVID-19 di perjalanan antar provinsi.

Sesuai dengan peribahasa ‘every cloud has a silver lining’, di samping dampak negatif dari pandemik COVID-19, ada peluang yang muncul dari kebijakan belajar dari rumah kali ini. Pertama, PPL nasional di luar provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ini merupakan yang pertama kali bagi PBI UII dan merupakan suatu permulaan untuk bisa memberikan kontribusi secara lebih luas kepada pendidikan di Indonesia. Diharapkan kerjasama dalam pelaksanaan PPL tahun ini dengan sekolah-sekolah di berbagai provinsi akan bisa berlanjut ke berbagai macam kegiatan kependidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, mahasiswa peserta PPL PBI UII memiliki kesempatan secara langsung untuk mempraktekkan ilmu dan kemampuan yang telah mereka dapatkan selama kuliah, khususnya di bidang ICT in Education yang merupakan local wisdom dari PBI UII. Informasi tentang situasi di sekolah-sekolah di berbagai daerah juga merupakan input yang sangat berharga bagi PBI UII untuk selalu meningkatkan relevansi kurikulum perkuliahan dengan beragam kebutuhan yang ada di lapangan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.