PBI UII TERJUNKAN MAHASISWA PPL DI 12 SEKOLAH MITRA di D.I.Y

Sebanyak 36 mahasiswa/i tahun ketiga Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) telah diterjunkan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di 12 sekolah mitra di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penerjunan peserta PPL Sekolah tersebut dilaksanakan secara bertahap di minggu pertama bulan Agustus 2017.

Mahasiswa/i PPL dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PBI diserahkan kepada pihak sekolah (Kepala Sekolah, koordinator kegiatan PPL di sekolah dan Guru Pembimbing Lapangan / GPL) di masing-masing sekolah. Mahasiswa peserta PPL dijadwalkan melaksanakan PPL Sekolah selama 2 bulan terhitung sejak 1 Agustus 2017 / 8 Dzulqo’dah 1438 H sampai 30 September 2017 / 10 Muharram 1439 H.

Program PPL Sekolah ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi mahasiswa untuk menimba pengalaman mengajar sekaligus memahami kinerja, tata kelola dan proses bisnis pendidikan di sekolah. Sekolah, sebagai wadah pembentukan tenaga kependidikan yang kompeten baik secara pedagogik, individual, sosial maupun professional, merupakan salah satu agent, kolaborator dan stakeholder terpenting bagi prodi dalam penyiapan mahasiswanya (calon lulusan & calon guru) dalam memasuki dunia Pendidikan.

PPL Sekolah ini merupakan program sekaligus mata kuliah wajib sebagai salah satu prasyarat kelulusan mahasiswa PBI UII (setelah mereka menempuh matakuliah microteaching di semester sebelumnya). Dalam pelaksanaan PPL Sekolah selama kurunwaktu 2 bulan tersebut, mahasiswa peserta PPL diberikan kesempatan untuk melakukan observasi / sitindi kelas Bahasa Inggris terlebih dahulu selama 2 minggu, kemudian  melakukan praktek mengajar selama 1 bulan (melibatkan pendampingan dari Guru Pembimbing Lapangan dalam penyusunan RPP, pemilihan materi ajar & penilaian), serta 2 minggu terakhir yang dialokasikan untuk penyusunan laporan kegiatan PPL Sekolah.

Selain mengajar, mahasiswa/i peserta PPL juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan di sekolah masing-masing, diantaranya: pendampingan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris untuk siswa, pengenalan administrasi sekolah, pengembangan materi / bahan ajar, dan lain sebagainya.

Di akhir periode kegiatan PPL sekolah ini nantinya, mahasiswa/i peserta PPL diharapkan kembali ke prodi dengan telah membawa referensi yang lebih luas serta perspektif yang lebih matang tentang tugas dan tanggung jawab mereka sebagai (calon) pengajar. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.