TINGKATKAN WAWASAN BERKARIR: PBI UII ADAKAN ALUMNI SHARING SESSION ON CAREER PLANNING

Pada hari Rabu (24/5/17) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII menyelenggarakan acara Alumni Sharing Session on Career Planning. Acara tersebut diselenggarakan di laboratorium bahasa prodi PBI di gedung Moh. Hatta, Perpustakaan Pusat lt.2 Universitas Islam Indonesia. Alumni Sharing Session on Career Planning tersebut menghadirkan dua pembicara yang sekaligus alumni PBI UII yaitu Lukita Purnamasari, S.Pd dan Muhammad Rijalul Umam Muslim, S.Pd.

Dalam pembukaan acara & sambutannya, Sekretaris Prodi PBI, RizkiFarani, S.Pd., M.Pd menuturkan bahwa kegiatan Alumni Sharing Session on Career Planning tersebut merupakan yang pertamakalinya diselenggarakan oleh Prodi PBI UII dengan tujuan meningkatkan wawasan mahasiswa PBI UII tentang perencanaan karir.

 

Lukita menyampaikan materi tentang pengalaman dirinya waktu pertama kalinya menitikarir dari mulai menjadi pengajar di English Café, Primaga English, Freelance Blogger Writer, hingga menjadi staf FMIPA Universitas Islam Indonesia dan mulai bergerak dalam bisnis dengan mendirikan lembaga kursus di Yogyakarta yaitu Master English Course. Luki sapaan akrabnya mengawali paparannya dengan sebuah pertanyaan, “setelahn anti kalian lulus dari PBI rencana apa yang akan kalian lakukan?”. “Dalam perencanaan karir yang terpenting kita harus punya timeline, yaitu kapan kita harus menjadi apa, dan berbuat apa dan sebagainya” paparnya.

Di sesi selanjutnya, Rijal M memaparkan materinya dengan memberikan gambaran terkait dengan rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang. Dikatakannya bahwa “pekerjaan yang paling istimewa adalah sebuah hobi yang dibayar” ujar Rijal sebagai Alumni PBI yang sekaligus pengajar di Yayasan Salman Al-Farisi Yogyakarta dan mempunyai bisnis seni Kufi Design yang sekaligus juga salah satu owner Master English Course Yogyakarta. 

Kegiatan Alumni Sharing Session on Career Planning ini diikuti oleh mahasiswa PBI UII angkatan 2013 untuk membekali mereka dengan wawasan perencanaan karir sebelum lulus. Diharapkan melalui kegiatan sharing tersebut mahasiswa dapat mulai merancang dan / atau mengevaluasi serta menilik kembali perencanaan karirnya berdasarkan value yang mereka peroleh dari best practices dan pengalaman rekan-rekan seniornya .

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.