Diseminasi Hasil Riset Kolaboratif Prodi PBI UII di Forum ICONIC 2016

Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), masyarakat dituntut untuk lebih kompetitif secara intelektual keilmuan dan juga terampil dalam bidang yang menjadi keahliannya. Adapun salah satu indikator kemajuan sebuah lembaga/ unit akademik di era global  seperti sekarang ini adalah kemampuannya mendorong sivitas akademikanya untuk berkarya produktif baik dalam bentuk pengembangan kualitas pengajaran dan pembelajaran maupun dalam bentuk karya riset/ penelitian yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pengayaan perspektif bidang keilmuannya

 

 

 

Dengan semangat pengembangan diatas, prodi Pendidikan Bahasa Inggris  (PBI) UII terus berupaya meningkatkan atmosfer riset khususnya yang melibatkan sinergi antara dosen dan mahasiswanya. Salah satu contoh karya riset hasil kolaborasi dari dosen prodi (Intan Pradita, M.Hum.) dan salah satu mahasiswa PBI UII (Muhammad Mukhlas) ini adalah sebuah penelitian yang berjudul Developing Research Competencies of Pre-Service English Teachers through Teachers’ Diary.  Riset tersebut meneliti tentang tingkat performa dan kebutuhan pre-service teachers dengan tujuan untuk mengedukasi mereka agar memiliki nilai/ value profesionalisme dalam diri mereka.  Hasil dari riset tersebut juga telah berhasil dipresentasikan oleh Muhammad Mukhlas dalam forum ICONIC (International Conference of Integrated Intellectual Community) tahun2016yang diselenggarakan pada tanggal 28-30 Oktober bertempat di Technische Universität Hamburg, Hamburg,  Jerman dan diterbitkan dalam proceeding dan Indonesian Scholar Journal. Konferensi internasional tersebut juga menjadi teramat spesial karena  dihadiri juga oleh Presiden ke 3 Republik Indonesia Prof. Ing.  Bacharudin Jusuf Habibie yang didaulat menjadi Keynote Speaker pada kegiatan yang diselenggarakan oleh PPI (PerhimpunanPelajar Indonesia) Jerman tersebut. 


Mengenai riset yang dipresentasikannya, Muhammad Muhklas menngarisbawahi bahwa
Teachers’ Diary berpotensi untuk digunakan sebagai media pengembangan kemampuan riset pre-service English teacher terutama untuk memfasilitasi minat dan kemampuan action research (Penelitian Tindakan Kelas) mereka, salah satunya dalam kegiatan praktik / praktikum mengajar. Lebih jauh, Mukhlas menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua orangtua yang telah memberikannya dukungan,  kepada Intan Pradita,  S. S., M. Hum yang telah banyak membantu dalam riset tersebut, kepada Fakultas dan Prodi PBI UII, kepada  para dosen serta semua pihak yang telah banyak mendukungnya sehingga mampu membawa nama UII ke kancah internasional.  Mukhlas menutup dengan harapan bahwa upaya dan hasil risetnya dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan pada umumnya,  khususnya dalam konteks pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris.  Ia juga berharap akan lebih banyak lagi muncul peneliti-peneliti muda dari UII yang mampu memberikan kontribusi di dunia akademik melalui riset-riset mereka.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.