PBI UII MENERIMA TIGA MAHASISWA BARU ASAL THAILAND

Sebuah kebanggaan bagi prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII bahwa di tahun akademik 2015/ 2016 ini PBI UII menjadi salah satu program studi yang dipilih oleh 3 mahasiswa asing asal Thailand sebagai tempat untuk menimba ilmu dan melanjutkan jenjang pendidikan tingginya di Indonesia. Ketiga mahasiswa asing asal Thailand tersebut adalah Surainee Musor, Anisa Suetae, dan Alpee Lohyapa.

Dalam acara serah terima dan penyambutan bagi ketiganya, hadir Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris beserta dosen-dosen PBI UII, staf dari Internasional Office UII dan para buddies (teman pendamping mahasiswa asing tersebut) yang juga mahasiswa PBI UII.

 

Acara penyambutan yang diselenggarakan di laboratorium bahasa dan multimedia prodi PBI UII berlangsung dengan akrab dan hangat. Acara diisi dengan perkenalan staf pengajar (dosen) program studi , pengenalan prodi (keunggulan konten dan fasilitas pembelajaran, kegiatan akademik & aktifitas kemahasiswaan), serta sharing session dan diakhiridengan tur keliling kampus.

Melalui sambutannya , kaprodi memberikan apresiasi yang tinggi terhadap antusiasme ketiga mahasiswa Thailand tersebut yang menyatakan tertarik untuk belajar Bahasa Inggris dan ingin berproses menjadi calon guru Bahasa Inggris bersama prodi PBI UII. Tidak lupa kaprodi menyelipkan pesan motivasi dan harapan agar ketiganya sekaligus dapat memanfaatkan momen belajar mereka di PBI UIIsebagai momen untukberbagidan memperkaya wawasan dan pemahaman lintas budaya (cross cultural understanding)dengan rekan-rekan belajar mereka di kampus UII khususnya di prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Kaprodi juga menghimbau agar ketiganya menjadi pembelajar yang aktif dan dapat menyelesaikan studi tepat waktu, karena hasil dan prestasi yang baik dari sebuah proses menimba di ilmu di negeri orang akan menjadi sebuah kenangan indah dan kebanggaan bagi ketiganya kelak.

Dalam sesi sharing , staf pengajar dan perwakilan mahasiswa prodi PBI UII menyatakan sukacita atas bergabungnya ketiga mahasiswa Thailand tersebut menjadi bagian dari keluarga besar PBI UII. Mereka menyampaikan bahwa kehadiran ketiganya akan sangat bermakna dan semakin memberikan warna (global experience) dalam proses belajar di PBI UII. Sebagaimana mereka sampaikan bahwa pemahaman lintas budaya dan pengalaman pertukaran budaya yang otentik (authentic cultural learning experience) merupakan salah satu elemen penting dalam proses pembelajaran bahasa. Ditambahkan juga dalam kesimpulan sesi sharing tersebut bahwa hadirnya program-program bernuansa global mobility (sebagaimana programtahunan PPL Australia), dan kini kehadiran mahasiswa asing Thailand adalah tidak lain untuk membangun dan meningkatkan awareness internal stakeholder prodi (dosen, staf dan mahasiswa) akan pentingnya jalinan komunikasi dengan international partners terlebih di era Masyarakat Ekonomi Asian dan globalisasi seperti dewasa ini.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.