Calon Peserta PPL Australia 2014 Dapatkan Materi CCU

Jika peserta PPL Australia Periode 7 tahun 2013 lalu mendapatkan materi Cross Culture Understanding (CCU) dari Dr. Anita Dewi melalui fasilitas skype, maka untuk calon peserta PPL Australia periode 8 tahun 2014 mendapatkan materi secara langsung (tatap muka) dengan Dr. Anita Dewi, Jumat, 27 Juni 2014. Materi CCU sendiri memang sangat diperlukan oleh calon peserta PPL sebagai bekal beradaptasi dengan tempat tinggal/budaya di Australia selama lebih kurang 10 hari guna mempermudah proses pencarian/menimba ilmu.

Adapaun materi yang disampaikan oleh Dr. Anita Dewi adalah Cara Hidup di Australia, yang meliputi cara hidup/ berperilaku hidup di lingkungan sekolah, lingkungan rumah tinggal dan juga Australian slang atau bahasa gaul warga Australia.

Tata cara hidup atau bersikap saat disekolah yang harus diperhatikan oleh calon peserta PPL diantaranya adalah menjaga hubungan baik dengan pengajar atau guru bahasa Indonesia maupun LOTE (Language Other Than English), memposisikan diri sebagai asisten, akrab yang tidak terlalu akrab, berbagi informasi kehidupan di Indonesia, serta meluruskan segala persepsi buruk/salah tentang Indonesia dengan cara yang bijak.

Sedangkan hal-hal yang perlu diperhatikan saat di berada di lingkungan rumah tinggal adalah selalu menjaga kebersihan dan kering (kamar mandi, closed, dll), peka terhadap apa yang dilakukan oleh keluarga pemilik rumah (menawarkan bantuan cuci piring, dll), selalu berusaha mandiri, beradaptasi dengan hewan piaraan pemilik rumah, tidak boleh takut bertanya dan terbuka, serta mengintensifkan language exchange dengan anggota keluarga. Selain itu perlu sekali untuk tidak masuk ke ruang keluarga yang bersifat ‘private’ tanpa ijin.

Kita doakan semoga PPL Australia Periode 8 berjalan dengan baik, lancar dan berdampak positif bagi kemajuan FPSB UII pada khususnya dan UII pada umumnya. Amiin.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.