Calon Peserta PPL, Belajar Cara Mengajar

 

PPL-Pelatihan-Metode-Mengajar

Penyampaian materi ataupun metode mengajar menjadi salah satu kunci utama untuk memudahkan seorang pengajar dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dan sebagai salah satu bekal mengajar bagi calon peserta PPL Australia angkatan 7 yang nantinya juga bertugas untuk mengajar Bahasa Indonesia kepada siswa-siswi Dromana, Rosebu, dan Mornington Seconday College, Panitia seleksi memfasilitasi dengan memberikan pelatihan metode mengajar Bahasa Indonesia yang disampaikan oleh Tri Sugiarto, S.S, Senin, 3 Juni 2013.

Dalam pelatihan ini, Tri Sugiarto memberikan materi yang mirip dengan proses saat kita belajar Bahasa Inggris, seperti membaca (reading), mendengarkan (listening), menulis (writing), serta kosa-kata yang dikemas sedemikian rupa hingga siswa akan terhindar dari rasa ‘bosan’. Peserta juga diajak untuk menikmati video pendek yang menceritakan tentang proses pengajaran Bahasa Indonesia di negeri Kanguru tersebut sekaligus praktek mengajar (micro teaching).

Pak Tri Sugiarto berpesan kepada calon peserta PPL untuk bisa memasukkan games, unsur-unsur reading, writing, listening serta kebudayaan Indonesia dalam proses mengajar Bahasa Indonesia tersebut.

Semoga metode pengajaran yang didapat benar-benar mampu menjadi bekal penting bagi calon peserta PPL. Amiin.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.