Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII) dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu bersaing di tingkat internasional dan berkontribusi di kawasan Asia Tenggara. Kurikulum, proses pembelajaran dan fasilitas pembelajaran di prodi PBI UII memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan penutur asli dalam konteks multikultural melalui berbagai program. Terdapat empat program unggulan yang disediakan oleh prodi PBI UII, yaitu:
SERTIFIKASI PENGAJAR INTERNASIONAL
Teaching Knowledge Test (TKT) Cambridge
Program studi Pendidikan Bahasa Inggris UII telah menjadi salah satu pusat pelaksanaan ujian Cambridge Teaching Knowledge Test (TKT) untuk ujian sertifikasi guru berstandar internasional.
Cambridge TKT adalah seperangkat kualifikasi pengajaran modular yang diakui secara global untuk menguji pengetahuan dan keterampilan mengajar. Sertifikat ini sangat penting dan diperlukan bagi calon guru dan berpengalaman yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mengajar di sekolah internasional.
PRAKTIK MENGAJAR INTERNASIONAL
Praktik Mengajar Internasional di Australia
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Indonesia memiliki kurikulum berbasis proses yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar baik di dalam maupun di luar kelas. Metode pembelajaran praktikum lapangan merupakan bagian dari program unggulan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Indonesia. Salah satu program unggulan PBI UII adalah Praktik Mengajar Internasional di Australia yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2006. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari angkatan manapun untuk memiliki pengalaman sebagai guru pendamping di tiga Sekolah Menengah yang berlokasi di Victoria, yaitu Dromana, Mornington dan Rosebud Secondary Kampus. Siswa yang lolos seleksi akan diberangkatkan ke Victoria dan tinggal bersama keluarga angkat selama 2 minggu. Selain itu, mereka akan memiliki jadwal mengajar yang dapat meningkatkan keterampilan mengajar mereka. Praktik Mengajar Internasional Australia tidak hanya akan meningkatkan kecakapan bahasa Inggris siswa tetapi juga mengembangkan kemandirian, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru, keterampilan membuat keputusan, dan pemahaman budaya dalam konteks keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Praktik Mengajar Internasional di negara-negara ASEAN
Sebagai calon pendidik Bahasa Inggris, mahasiswa memiliki peluang karir mengajar yang luas baik dalam skala nasional maupun internasional. Dalam rangka menunjang kemampuan mengajar mahasiswa di tingkat internasional, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia memiliki program bernama SEA-Teacher Project an ASEAN Teaching Practicum atau Pre-Service Student Teacher Exchange di Asia Tenggara yang difasilitasi oleh SEAMEO ( Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara). Program ini akan meningkatkan kompetensi mengajar mahasiswa yang berwawasan global untuk mempersiapkan mereka menghadapi persaingan di Masyarakat Ekonomi ASEAN dan dalam konteks profesionalisme guru abad ke-21. Siswa yang lolos seleksi akan mendapat kesempatan untuk mengajar bahasa Inggris selama 1 bulan di sekolah Thailand dan Filipina. Mahasiswa terpilih tersebut tidak diwajibkan untuk melakukan praktikum mengajar wajib di Indonesia karena hasil penilaian mengajar mereka dari ASEAN Teaching Practicum dapat menggantikan dan sudah diakui sebagai bagian dari transkrip mahasiswa untuk persyaratan lulus.
Praktik Mengajar Internasional di Australia
Program Praktik Mengajar Internasional di Malaysia adalah program terbaru di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Indonesia yang dimulai pada tahun 2021. Program ini disediakan untuk siswa yang mengambil mata kuliah Teaching English to Young Learners (TEYL) sebagai mata kuliah konsentrasi mereka. Mahasiswa yang terpilih akan mengikuti praktik mengajar di Brainy Bunch Islamic International Montessori School, Malaysia. Dengan mengikuti program ini, mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan apa yang telah mereka pelajari di kelas TEYL dan meningkatkan pengalaman global dan pemahaman lintas budaya mereka.