Kabar Gembira! Dua Dosen PBI UII Telah Lulus Sertifikasi CertTESOL dari IALF Bali

Kabar gembira bagi prodi Pendidikan Bahasa Inggris! Dua dosen Prodi PBI UII yaitu Banatul Murtafi’ah, S.Pd., M.Pd. dan Willy Prasetya, S.Pd., M.A. telah menyelesaikan dan lulus program sertifikasi CertTESOL. Pelatihan Certificate in Teaching English to Speakers of Other Languages (CertTESOL) dari Trinity College London ditujukan untuk perolehan sertifikasi pengajaran Bahasa Inggris secara global. Sertifikasi ini dilaksanakan di Indonesia-Australia Language Foundation (IALF) Bali secara intensif selama tiga pekan, dari tanggal 1-27 Juli 2024, atas dukungan pendanaan hibah PKKM dari Kemdikbud.

Dua dosen peserta tersebut telah diberikan berbagai materi sertifikasi yang terbagi ke dalam 5 tema utama, yaitu teaching skills, language awareness, learner profile, material assignment, dan unknown language. Selain menyimak pemaparan materi, mereka juga diharuskan melakukan praktik mengajar dilakukan di bawah bimbingan mentor IALF dari Cambrigde yang telah sangat berpengalaman. Praktik mengajar bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dalam mengelola kelas dan menerapkan metode pengajaran yang telah dipelajari.

Di salah satu rapat program studi, ibu Banat dan pak Willy juga telah melakukan sharing session dan transference of knowledge kepada para dosen PBI UII yang berkesempatan mengikuti sertifikasi, di antaranya implementasi apa yang bisa para dosen terapkan ketika mengajar di kelas. Semoga di tahun-tahun berikutnya prodi dapat mengirim lebih banyak dosen untuk program sertifikasi ini sehingga prodi PBI UII mencapai standar pengajaran yang lebih tinggi dan berkontribusi lebih besar untuk negeri. Sekali lagi, selamat kepada ibu Banat dan pak Willy yang telah lolos sertifikasi! (DR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *