PBI UII LEPAS 46 MAHASISWA UNTUK PROGRAM MOBILITAS NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar acara pelepasan mahasiswa yang mengikuti program Mobilitas Nasional dan Internasional (PKKM, Global Engagement Grant, dan Mandiri) pada Rabu, 31 Juli 2023. Acara pelepasan yang diselenggarakan di ruang Audiovisual Gedung Perpustakaan UII ini dihadiri oleh pimpinan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB), dosen PBI UII, dan mahasiswa yang telah lolos seleksi program Mobilitas Nasional dan Internasional. 

Acara dimulai dengan sambutan dari Nizamuddin Sadiq, S.Pd., M.Hum, Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FPSB. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar mahasiswa dapat memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya yang bermanfaat bagi masa depan mereka. Beliau juga berpesan agar mahasiswa dapat menghadapi tantangan, beradaptasi dengan budaya baru, dan tetap menjaga norma dan nilai-nilai keislaman. Selanjutnya, Kepala Program Studi PBI UII, Puji Rahayu, S.Pd., M.LS.T., Ph.D., dan perwakilan mahasiswa mobilitas nasional dan internasional, Andrizal Rizki Arya Wibawa juga turut memberikan sambutan. 

Tahun ini, sebanyak 46 mahasiswa PBI UII mengikuti berbagai program mobilitas, antara lain: 

  • Program Mobilitas Nasional yang didanai oleh Program Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Dikti, meliputi: (1)Transformational Teaching Practice (TTP) di provinsi Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur; (2) Magang Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di berbagai Perusahaan (Gramedia Academy, Mizan Pustaka, PT Partner Impian Millennial (Schoters)-Ruang Guru, dan PT Quipper Edukasi Indonesia); dan (3) Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di lima Universitas ternama (Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Syiah Kuala, Aceh, Universitas Bina Nusantara); 
  • International Teaching Practice (ITP) yang didanai oleh Global Engagement Grant (GEG) KUI UII dan FPSB. Pada program ini, mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di luar negeri di Australia, Thailand, dan Malaysia; 
  • Program TTP dan Magang DUDI tambahan yang didanai oleh PBI UII.

Program mobilitas ini dimulai pada tanggal 1 Agustus 2024 hingga Desember 2024. Durasi setiap program mobilitas berbeda-beda. Program TTP akan berlangsung selama empat bulan, program magang DUDI selama dua bulan, PMM selama satu semester, dan ITP sekitar 1 bulan.

Acara pelepasan diakhiri dengan penandatangan pakta integritas dan penyerahan dana bantuan program mobilitas nasional dan internasional secara simbolik oleh Puji Rahayu, S.Pd., M.LS.T., Ph.D., selaku Kaprodi PBI UII kepada Andrizal Rizki Arya Wibawa, selaku perwakilan mahasiswa mobilitas nasional dan internasional. Seluruh peserta kemudian berdoa bersama sebagai tanda permohonan keberkahan dalam menjalankan program mobilitas.  (RM)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *