PBI UII Mengadakan Business Plan Competition Berhadiah Total 30 Juta Rupiah!!

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar kompetisi bergengsi untuk mahasiswa internal PBI UII, Business Plan Competition. Kompetisi ini diselenggarakan dengan pendanaan hibah dari Kemdikbud Dikti. Tak tanggung-tanggung, kompetisi ini menawarkan total hadiah sebesar 30 juta Rupiah untuk kelompok peserta mahasiswa yang berhasil menghadirkan ide bisnis terbaik dan inovatif.

Business Plan Competition bertujuan untuk mendorong mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan analitis mereka dalam merancang rencana bisnis digital dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang solid. Peserta diharapkan untuk mengusulkan ide bisnis yang inovatif dan berpotensi untuk diimplementasikan di pasar pendidikan yang sesungguhnya. Terdapat 7 kelompok mahasiswa berbeda yang proposal bisnisnya dipresentasikan di hadapan para juri pada 21 Juni 2024 lalu. 

Tim juri terdiri dari tiga dosen/akademisi berpengalaman di bidang ICT, kewirausahaan, dan pendampingan mahasiswa yaitu Puji Rahayu, S.Pd., MLST., Ph.D. selaku dosen Pendidikan Bahasa Inggris bidang ICT,  Rininta Hanum, ST., M.Eng., CBC. dari Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh, dan Arif Fajar Wibisono, SE., M.Sc., CFrA. selaku dosen Akuntansi FBE di bidang bisnis dan kewirausahaan. Proposal dan presentasi masing-masing kelompok dinilai berdasarkan 4 aspek, yakni (1) aspek inovasi produk dan mutu proposal, (2) aspek dampak dan inovasi, (3) aspek bisnis, dan (4) aspek presentasi dan tanya jawab.

Dari penilaian para juri di atas, dihasilkan tiga pemenang terbaik yaitu:

  1. Pemenang terbaik pertama, dari kelompok Fahrezi, Auliyatunnisa, Naufal Mufatih dengan judul CONNECT2U “Revolutionizing English Language Learning with Engaging Applications”
  2. Pemenang terbaik kedua, dari kelompok Firza Mulyana, Asriya Usman, Attikah Dwi dengan judul Journalshe: Inovasi Aplikasi Website Planner Bagi Beginner English Learner Dengan Aktivasi 5.0.
  3. Pemenang terbaik ketiga, dari kelompok Annisa Siti Aulia, Moh. Haris, Bulan Indah dengan judul English Department Students (EDS) zone: Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Kolaboratif untuk Mahasiswa PBI di Indonesia.

Masing-masing kelompok pemenang di atas akan mendapatkan uang tunai sebesar 10 juta rupiah serta pendampingan bisnis dari Simpul Tumbuh UII. Selamat kepada pemenang! (DR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.