Kunjungan Kemitraan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) oleh Dosen PBI UII

Dalam rangka memperluas dan memperkuat hubungan antara prodi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), sejumlah dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan kunjungan kemitraan ke beberapa perusahaan terkemuka di Jakarta dan Bandung. Kunjungan ini juga merupakan bagian dari upaya prodi untuk mempersiapkan lulusan yang lebih siap dalam berkarir di dunia industri, yang diwujudkan dengan pengiriman magang MBKM mahasiswa ke sejumlah perusahaan mitra tersebut. Kali ini, PBI UII bermitra dengan Gramedia, Quipper, dan Schoters yang berlokasi di Jakarta, serta Mizan yang berlokasi di Bandung.

Kunjungan pertama pada hari Jumat, 5 Juli 2024 oleh Miss Anandayu dan Miss Puji bertempat di Gramedia Pustaka Utama. Di sini Miss Dayu dan Miss Puji diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi beragam koleksi buku dan materi pendidikan yang tersedia di Gramedia, serta mempelajari proses bagaimana sebuah buku bisa terbit di Gramedia. Selain itu, kunjungan ini juga mencakup penandatanganan MoA dan diskusi dengan staf editorial Gramedia mengenai teknis penempatan mahasiswa yang akan dikirim magang selama 2 bulan di Gramedia.

Kunjungan mitra DUDI berikutnya, pada hari Senin, 8 Juli 2024 adalah ke Mizan, Bandung. Seperti Gramedia, Mizan juga merupakan industri yang bergerak di bidang penerbitan buku dengan fokus buku bergenre fiksi, kesehatan, dan bisnis. Sudah banyak buku karya Mizan yang dikenal oleh masyarakat luas seperti Seri Dilan, Seni Merayu Tuhan, dan Kimbab Family. Mahasiswa yang magang di Mizan diharapkan dapat memiliki kemampuan menulis, editing, dan proofreading yang baik. Mereka juga akan mendapatkan ilmu proofreading yang dibutuhkan oleh dunia industri sehingga lebih siap dalam berkarir di kemudian hari.

Kunjungan berikutnya, pada hari Selasa, 16 Juli 2024, oleh Miss Astri dan Miss Dwiansari ke mitra Quipper yang berfokus pada konten edukasi digital dan sudah memiliki jaringan global se-Asia Tenggara. Di sini, Miss Astri dan Miss Sari berkesempatan untuk bertemu dengan para profesional Quipper seperti kak Hanani, kak Ira, dan kak Nabiellah yang memaparkan tentang kebutuhan pelajar, guru, dan sekolah saat ini, serta diskusi mengenai kebutuhan kompetensi bahasa Inggris dalam lingkungan kerja global saat ini.

Kunjungan terakhir pada hari Rabu, 17 Juli 2024 ke mitra Schoters yang merupakan anak bisnis dari Ruangguru. Schoters menyediakan jasa yang berfokus pada persiapan kuliah dan bekerja di luar negeri, seperti persiapan tes IELTS/TOEFL, kelas bahasa, kelas menulis umum, kelas menulis motivation letter, penerjemahan dokumen, dll. Menurut kak Novita dan kak Zaky selaku HR (Human Resource) Schoters, mahasiswa yang magang di Schoters akan menempati berbagai posisi seperti Academic Lingua, Commercial Support, School Academic Support, Academic & Operation, Company Branding, dan Branch Operation. (DR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.