Kandidat PPL Australia Presentasikan Beberapa Keanekaragaman Budaya Indonesia

Tahap seleksi PPL Australia 2014 sudah sampai pada tahap Presentasi Kesenian/Kebudayaan Indonesia. Sesuai dengan salah satu tujuan diadakannya PPL dari tahun ke tahun, yaitu bertujuan untuk mengenalkan berbagai kebudayaan Indonesia di negeri Kangguru, tahap seleksi ini dimaksudkan untuk melihat kemampuan para kandidat peserta PPL Asutralia dalam menampilkan kekayaan dari budaya Indonesia di negeri Kangguru nantinya. Proses seleksi ini dilaksanakan di di Gedung PBI UII pada hari Kamis, 17 April 2014. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII bapak Nizamuddin Sadiq, S.Pd., M.Hum bersama dengan beberapa dosen PBI UII Ista Maharsi, S.S., M.Hum dan Rizki Farani, S.Pd langsung turun tangan menjadi dewan juri pada tahapan seleksi kali ini. Apresiasi pun diberikan sepenuhnya oleh para dewan juri kepada para kandidat karena konsep yang disampaikan untuk penampilan kesenian/kebudayaan Indonesia nantinya sangat bagus. Terlepas dari hal itu, para dewan juri juga memberikan saran-saran guna memaksimalkan presentasi kesenian dan kebudayaan Indonesia di negeri Kangguru nantinya.

Tari-tarian mendominasi konsep dari para kandidat, hal ini secara tidak langsung mengindikasikan kekayaan akan tarian yang dimilki oleh Indonesia. Beberapa kesenian yang dipresentasikan oleh 13 kandidat yang telah lolos dari tahap seleksi sebelumnya adalah Tari Payung (Minang, Sumatera Barat), Tari Modero (Sulawesi Tengah), Tari Serampang 12 (Sumatera Utara), Tari Sigeh Pengunten (Lampung), Tari Bajidor Kahot (Jawa Barat), Tari Indang (Sumatera Barat), Kesenian Pencak Silat, Kesenian Wayang Kulit, Alat Musik Angklung, dan dua permainan rakyat (lomba balap karung dan balap kelereng).

Untuk selanjutnya, para kandidat akan menjalani seleksi tahap selanjutnya yaitu Tahap ‘Art Performance yang insya Allah akan dilaksanakan pada bulan Mei 2014.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *