Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu bersaing di level internasional dan berdaya di kawasan Asia Tenggara. Kurikulum, proses dan fasilitas pembelajaran di PBI UII memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk berinteraksi secara langsung dengan native speaker dalam konteks multikultural melalui berbagai program unggulan. Sedikitnya ada tiga (4) program unggulan yang dimiliki oleh program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia yakni:

SERTIFIKASI GURU INTERNASIONAL

Teaching Knowledge Test (TKT) Cambridge

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia menjadi salah satu test center untuk tes sertifikasi pengajar internasional Cambridge Teaching Knowledge Test (TKT).

Cambridge TKT merupakan serangkaian kualifikasi pengajar modular yang diakui secara global untuk menguji pengetahuan dan keterampilan mengajar. Sertifikat ini sangat penting dan diperlukan bagi para calon pengajar maupun pengajar yang sudah berpengalaman yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mengajar di sekolah bertaraf internasional.

PRAKTIK MENGAJAR INTERNASIONAL

PPL Australia

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia memiliki kurikulum berbasis proses yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar baik di dalam dan di luar kelas. Metode pembelajaran praktik lapangan menjadi bagian dari program unggulan di PBI UII. Salah satu praktik lapangan di PBI UII adalah PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) Australia. Program rutin tahunan ini sudah dimulai sejak tahun 2006. Program ini memberi kesempatan kepada mahasiswa PBI UII di seluruh angkatan untuk memiliki pengalaman menjadi asisten guru di tiga Secondary School untuk wilayah Victoria, yaitu Dromana Secondary College, Mornington Secondary College and Rosebud Secondary College. Mahasiswa yang lolos seleksi akan diberangkatkan ke Victoria dan tinggal Bersama host family selama 2 minggu serta memiliki jadwal kelas yang bisa meningkatkan kemampuan mereka untuk menjadi guru. PPL Australia tidak hanya meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris mahasiswa tetapi juga mengembangkan kemandirian, kemampuan adaptasi dengan lingkungan baru, kemampuan mengambil keputusan dan memahami budaya baru baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

PPL ASEAN

Sebagai calon pendidik Bahasa Inggris, mahasiswa PBI UII memiliki kesempatan mengajar yang luas, tidak hanya karir berskala nasional tetapi juga karir berskala internasional. Untuk menunjang kemampuan mengajar mahasiswa di jenjang internasional, PBI UII memiliki program unggulan PPL ASEAN/ Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA- Teacher Project) yang difasilitasi oleh dan dikerjasamakan dengan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization). Program PPL ini membekali mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UII (calon guru) dengan kompetensi sebagai pengajar yang memiliki wawasan global agar lebih siap dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan dalam konteks profesionalisme guru di abad 21. Mahasiswa PBI UII yang lolos dalam seleksi akan memiliki kesempatan untuk mengajar Bahasa Inggris selama 1 bulan di sekolah- sekolah wilayah Thailand dan Filipina. Bagi mahasiswa PBI UII yang telah lolos dan melaksanakan PPL Asean maka mahasiswa tersebut tidak perlu lagi melaksanakan PPL Sekolah di Indonesia karena hasil penilaian mengajar mahasiswa dari program PPL Asean dapat diakui sebagai bagian dari nilai transkrip mahasiswa Ketika mereka lulus.

PPL Malaysia

PPL Malaysia adalah program field study terbaru unggulan PBI UII yang mulai diselenggarakan tahun 2021. Program ini dibuka bagi mahasiswa PBI yang mengambil konsentrasi perkuliahan Teaching English to Young Learners (TEYL). Mahasiswa yang terpilih melalui proses seleksi akan merasakan pengalaman praktek mengajar di sekolah dasar Brainy Bunch Islamic International Montessori School, Malaysia. Dengan mengikuti program ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan apa yang telah dipelajari di kelas-kelas TEYL di PBI UII serta dapat meningkatkan pengalaman global dan pemahaman lintas budaya.