Berbagai peluang karier terbuka luas bagi lulusan Pendidikan Bahasa Inggris, terutama di dunia pendidikan, yaitu mengajar baik sebagai guru, maupun instruktur bahasa Inggris serta menjadi praktisi dan ahli bahasa. Berikut adalah beberapa peluang karir yang bisa menjadi alternatif setelah lulus dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia:



  • Guru Bahasa Inggris (English Teacher/Instructor)

    Lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia dipersiapkan untuk menjadi guru Bahasa Inggris yang profesional di berbagai tingkatan sekolah formal. Lulusan pada konsentrasi Teaching English for Young Learners (TEYL) mendapatkan bekal untuk mengajar anak-anak pada level Taman kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD). Lulusan juga dibekali dengan matang untuk menjadi guru Bahasa Inggris pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan pada berbagai mata kuliah wajib seperti TESOL Methodology, TESOL Materials Development, Teaching Reading and Writing, Teaching Listening and Speaking, Microteaching, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang berupa praktik mengajar Bahasa Inggris di sekolah.

    Selain berpeluang menjadi guru Bahasa Inggris pada sektor pendidikan formal, lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia berpeluang menjadi tutor/instruktur Bahasa Inggris di sektor non formal seperti pusat-pusat bahasa universitas atau lembaga bahasa swasta lainnya.

    Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan konsentrasi English for Specific Purposes (ESP) dimana mereka berpeluang untuk mengajar Bahasa Inggris di berbagai sektor profesional, seperti Lembaga Pelatihan Kerja, Sekolah Vokasi, seperti: English for Hotel Staff, English for Hospitality, English for Cruise Ship Staff, English for Nursing, dan lain-lain.

  • Guru BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) (BIPA Teacher)

    Selain menjadi guru Bahasa Inggris, peluang lain bagi lulusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia adalah menjadi guru Bahasa Indonesia bagi orang asing. Lulusan semasa menjadi mahasiswa dibekali dengan mata kuliah BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) dan praktik mengajar Bahasa Indonesia bagi orang asing di Australia (PPL Australia). Menjadi guru BIPA saat ini merupakan salah satu prospek karir besar di mana seseorang dapat mempromosikan dan mengajarkan Bahasa dan budaya Indonesia di negara-negara lain.

  • Penerjemah (Translator) & Interpreter

    Tentunya, karena merupakan program studi dengan fokus utama Bahasa Inggris, pilihan karir lain selain menjadi guru/pengajar adalah menjadi penerjemah. Lulusan dibekali mata kuliah seperti Translation dan Public Speaking and Interpreting. Penerjemah dan interpreter merupakan pekerjaan yang memiliki banyak peluang kerja baik di dalam maupun luar negeri. Penerjemah juga bisa bekerja secara lepas (freelance) maupun bergabung di institusi.

  • Pengelola Lembaga Belajar (Course Manager)

    Lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia juga berpeluang untuk memiliki lembaga belajar/lembaga bahasa sendiri secara mandiri. Terkait manajemen pengelolaan menjadi wirausahawan tersebut, lulusan mendapatkan bekal di mata kuliah Enterpreneurship in Education. Lembaga Bahasa Inggris saat ini merupakan salah satu lembaga belajar yang paling dicari oleh berbagai kalangan mulai dari siswa sekolah untuk persiapan ujian nasional dan tes masuk Perguruan Tinggi, hingga mahasiswa dan umum untuk persiapan melamar pekerjaan dan mendaftar beasiswa.

  • Penulis Buku Ajar (Textbook Writer)

    Menjadi penulis buku pelajaran juga merupakan peluang lain yang dimiliki oleh lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia. Melalui mata kuliah TESOL Materials Development, lulusan telah dibekali untuk bisa mendesain bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Karir sebagai praktisi dan penulis buku ajar saat ini cukup menjanjikan dengan semakin meningkatnya kebutuhan orang untuk belajar Bahasa Inggris. Selain menjadi penulis buku pelajaran, lulusan juga berpeluang untuk menulis buku penunjang pelajaran seperti buku persiapan ujian nasional dan tes Bahasa Inggris lainnya. Dalam hal ini, lulusan dibekali melalui mata kuliah Language Assessment.

  • Pegiat Media dan Teknologi (Editor and Content Creator)

    Pekerjaan lain yang menjadi peluang karir bagi lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia adalah menjadi penulis lepas media dan menjadi editor media-media online maupun offline yang ada di dalam dan luar negeri. Lulusan berpeluang untuk menjadi kontributor, redaktur, atau editor media massa karena selama kuliah telah dibekali berbagai macam mata kuliah Grammar dan Writing seperti English Grammar for Written Discourse, Paragraph Writing, Essay Writing, Argumentative Writing, hingga Academic Writing.

    Selain itu, lulusan juga berpeluang untuk menjadi pembuat konten pembelajaran, bekerja di start-up bidang pendidikan dan kebahasaan, atau UI/UX writer yang lingkup kerjanya meliputi menulis kata-kata yang dibaca atau didengar ketika seseorang menggunakan produk digital.

  • Konsultan Pendidikan (Educational Consultant)

    Menjadi konsultan pendidikan adalah peluang lain yang dimiliki oleh lulusan program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia. Dengan dibekali mata kuliah seperti TESOL Methodology, Teacher Professional Development, Educational Linguistics, TESOL Materials Development, dan Language Assessment, lulusan dapat menjadi konsultan handal dengan membantu mengarahkan klien mendapatkan pembelajaran Bahasa Inggris sesuai yang dibutuhkan. Seiring meningkatnya kebutuhan berbahasa Inggris, pekerjaan ini pun kian diminati.