PBI UII SELENGGARAKAN WORKSHOP EXTENSIVE READING DAN EVALUASI DENGAN SEKOLAH MITRA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Guna meningkatkan mutu dan kualitas Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan evaluasi pelaksanaan program PPL Sekolah 2018. Kegiatan yang dilaksanakan di Eastparc Hotel, Yogyakarta pada 29 Muharram 1440H/ 9 Oktober 2018M tersebut mengundang Guru Pendamping Lapangan (GPL) dari 25 sekolah mitra

Program PPL Sekolah merupakan mata kuliah wajib dalam kurikulum Prodi PBI UII sebagai salah satu prasyarat kelulusan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa peserta PPL Sekolah melakukan observasi di kelas Bahasa Inggris (Intership program 1) selama 1 minggu, kemudian mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan praktek mengajar (Intership program 2) selama 1 bulan setelah dinyatakan lulus dari mata kuliah Microteaching. Selain mengajar, mahasiswa peserta PPL Sekolah juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan sekolah, diantaranya pendampingan ekstrakurikuler Bahasa Inggris, pengenalan administrasi sekolah, pengembangan materi, penyusunan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, Prota, Prosem, Syllabus, dan lain sebagainya.

Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum menyampaikan dengan diadakannya evaluasi ini diharapkan eksternal stakeholders dapat memberikan masukan, saran, kritik terhadap pelaksanaan program PPL Sekolah 2018 agar nantinya dapat menjadi perbaikan sistem pelaksanaan program PPL Sekolah di tahun-tahun berikutnya.

Di sesi kedua, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop on Extensive Reading. Kegiatan tersebut mengundang Ista Maharsi, S.S., M.Hum sebagai pembicara yang merupakan salah satu Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UII dengan research interest yaitu TESOL dan Academic Reading and Writing yang memiliki track record penelitian, publikasi dan jam terbang mengajar Extensive reading.

Dalam paparannya, Ista- sapaan akrabnya- menyampaikan pentingnya menumbuhkan minat baca siswa sebagaimana telah disebutkan di Permendikbud no 15 tahun 2005 tentang penumbuhan budi pekerti melalui gerakan literasi sekolah. Lebih lanjut, pemateri memberikan beberapa strategi untuk memulai menerapkan Extensive Reading di dalam kelas.

Harapannya, usai workshop ini Guru Pembimbing Lapangan (GPL) Pendidikan Bahasa Inggris yang juga merupakan guru mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah mitra mempunyai tambahan pengetahuan akan pentingnya menumbuhkan minat baca siswa dan lebih memahami strategi penerapan Extensive Reading di dalam proses pembelajaran di kelas.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *