PBI UII KEMBALI LAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA WISATA BATIK KEBON

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

(Ista Maharsi, S.S., M.Hum bersama Kelompok Pengrajin Batik)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia kembali laksanakan pengabdian masyakarat di Desa Wisata Batik Kebon. Kegiatan yang di helat pada Rabu, 17 Dzulhijjah 1439H/ 29 Agustus 2018M diselenggarakan di Balai Desa Kebon, Bayat, Klaten Jawa Tengah dengan konsep pelatihan Bahasa Inggris untuk Tourism.

Ista Maharsi, S.S., M.Hum sebagai salah satu perwakilan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UII sekaligus pemateri mengatakan bahwa kerajinan Batik Desa Kebon mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan daerah lainnya seperti bermotif tumbuh-tumbuhan dan menggunakan pewarna alami. Sehingga, Kerajinan batik tersebut mulai dikenal di pasar Internasional bahkan banyak orang luar negeri yang berkunjung di Desa Wisata Batik Kebon ini untuk membeli batik atau belajar membatik. Oleh karenanya, pelatihan Bahasa Inggris ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan wisatawan luar negeri.

Pelatihan Bahasa Inggris tersebut mendapatkan sambutan yang positif dari ibu-ibu kelompok batik tulis, kelompok batik jumputan, dan pengelola BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Pasalnya, sebagai destinasi wisata batik yang sering dikunjungi wisatawan luar negeri, sudah seharusnya warga mempunyai skill tambahan dalam berkomunikasi dengan wisatawan luar negeri dengan baik.

Sejak berdiri di tahun 2010 silam, Batik Kebon sudah meraih pencapaian yang begitu banyak, yaitu kerjasama dengan pasar nasional di beberapa Kota besar di Indonesia dan kerjasama dengan pasar Internasional dalam penjualan batik tulis, seperti Jepang, Italia, Prancis, Amerika, dll. Selain itu juga, Batik Kebon sudah beberapa kali diundangan dalam event Internasional, seperti kegiatan Expo Milano di Milan Italia, San Francisco Tribal and Textile Arts 2017 di Amerika Serikat.  PBI UII merasa terhormat dapat membantu mendampingi capacity building SDM Desa Wisata Batik Kebon melalui pelatihan bahasa Inggris, dan berharap para pengrajin batik di Desa Kebon dapat lebih komunikatif dan berdaya. Kedepan, sebagai bagian dari sinergi kerjasama dan program pengabdian serta pemberdayaan  masyarakat, Desa Wisata Batik Kebon juga akan menjadi salah satu desa binaan dan desa mitra Prodi PBI UII.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *