5 DOSEN PBI UII PRESENTASIKAN HASIL RISETNYA DI FORUM KONFERENSI INTERNASIONAL DI 3 NEGARA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

(Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum dan Intan Pradita, S.S., M.Hum dalam konferensi internasional ICEDL 2018 di Perancis)

Peningkatan mutu akademik di era global seperti sekarang ini wajib untuk terus diupayakan. Salah satunya melalui optimalisasi kinerja karya ilmiah/ penelitian yang berkontribusi pada pengayaan perspektif bidang keilmuan.

Merujuk pada semangat tersebut, baru-baru ini Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) turut mengirimkan 5 orang dosennya sebagai delegasi sekaligus presenter ke 5 forum konferensi internasional yang diselenggarakan di 3 negara yaitu: di Indonesia, Inggris/ United Kindom (UK) dan Perancis.

(Ista Maharsi, S.S., M.Hum dalam konferensi internasional 3rd ICIEI 2018 di Inggris)

Ista Maharsi, S.S., M.Hum mendiseminasikan karya ilmiahnya yang berjudul “Developing EFL Students’ Learning Reflection and Self-Regulated Learning through Google Classroom” di  forum The 3rd International Conference on Information and Education Innovations (ICIEI). Konferensi yang berlangsung pada 30 Juni-2 Juli 2018 tersebut diselenggarakan di Kensington, London, United Kingdom.

Sedangkan, Irma Windy Astuti, S.S., M,Hum dan Intan Pradita, S.S., M.Hum mendesiminasikan hasil risetnya dalam forum The 2nd International Conference on Education and Distance Learning (ICEDL 2018) yang berlangsung pada 17-19 Juli 2018 di Nice, Perancis. Sementara itu, Astri Hapsari, S.S., M.TESOL menjadi delegasi PBI UII dalam konferensi Internasional TEFLIN (Teaching English as a Foreign Language in Indonesia) 2018, yang diselenggarakan di Universitas Negeri Makassar pada 12-14 Juli 2018

Melalui ICEDL dan TEFLIN 2018, sebagaimana disampaikan juga oleh Intan dan Astri, keduanya  memperoleh cukup banyak insights khususnya yang berkaitan dengan berbagai isu di ranah CALL (Computer-Assisted Language Learning), MALL (Mobile-Assisted Language Learning) dan 21st Century Education yang menjadi salah satu highlight dalam kedua konferensi tersebut.

Pendidikan di era abad 21 yang semakin berkembang membuka peluang sekaligus tantangan, salah satunya terkait pemanfaatan teknologi dan integrasinya dalam pembelajaran daring (online learning). Merespon isu dan tema tersebut, salah satu delegasi PBI UII yaitu Rizki Farani, S.Pd., M.Pd juga mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “Constructing ICT Competence of Pre-Service EFL Teachers: Blended Learning Approach” dalam forum BICOLE International Conference ke-12 yang diselenggarakan oleh Institute Teknologi Bandung pada 23-25 Juli 2018.

Manajemen dan civitas Prodi PBI UII turut berbangga dan memberikan apresiasi yang besar terhadap partisipasi aktif dan capaian kinerja penelitian dosen-dosen tersebut. Menurut Irma Windy Astuti S.S., M.Hum, selaku kaprodi PBI, partisipasi aktif dosen-dosen di forum ilmiah/ akademik internasional tersebut khususnya konferensi Internasional yang diikuti oleh dosen-dosen PBI dengan publikasi ber-index Scopus, menunjukkan produktifitas penelitian dan publikasi dosen-dosen yang tidak hanya meningkat secara kuantitas tetapi juga membaik secara kualitas. Lebih jauh Irma menambahkan, selain mendapatkan wawasan tentang tren dan temuan terbaru bidang keilmuan, forum ilmiah international tersebut juga sekaligus menjadi ajang untuk membuka peluang networking sebagai bonus/ extra takeaway-nya. Melalui forum pertemuan ilmiah tersebut, potensi kolaborasi baik dengan institusi dalam negeri juga overseas universities sangat terbuka lebar dalam rangka memfasilitasi pengembangan prodi kedepannya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *