INISIASI “READING CORNER”, PBI UII GANDENG SMAN 2 NGAGLIK SLEMAN

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Ista Maharsi, S.S., M.Hum bersama dengan guru SMAN 2 Ngaglik Sleman dan tim/ Reading Squad PBI UII

 

Kepedulian terhadap dunia literasi ditunjukkan oleh Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) dengan mengadakan rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman, Yogyakarta. Rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut sudah dilaksanakan sejak bulan September 2017 lalu yang meliputi: pelatihan pemahaman literasi, Fast Reading Competition, dan terakhir Reading Corner, sebuah sarana yang disediakan oleh PBI UII berupa ruang baca dengan berbagai buku cerita berbahasa Inggris pada 21 Februari 2018.

Ista Maharsi, S.S., M.Hum sebagai inisiator program yang sekaligus merupakan Dosen PBI UII mengatakan bahwa tantangan terbesar yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan minat baca adalah era digital dimana streaming youtube lebih menarik daripada membaca buku. Selain itu juga, motivasi dan cara untuk dapat menyukai buku serta fasilitas ataupun akses kepada remaja untuk dapat menikmati buku- buku bacaan yang menarik dan sesuai dengan tingkat pemahaman mereka juga menjadi tantangan untuk membumikan dunia literasi sekarang ini.

“Banyak remaja di Indonesia masih beranggapan membaca adalah kegiatan yang membosankan. Kegiatan membaca telah tergantikan dengan sosial media. Padahal kegiatan membaca juga bisa dilakukan untuk menghibur diri dan bersenang- senang” imbuhnya.

Harapannya kegiatan dan fasilitas membaca tersebut dapat meningkatkan minat baca siswa dan mengembangkan budaya membaca sebagai sarana hiburan. Selain itu juga, kegiatan literasi ini dapat membawa pengaruh positif bagi siswa karena mereka akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru, menambah wawasan, serta memperoleh inspirasi dari teks- teks bacaan yang mereka baca.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *