KEMBALI BERPARTISIPASI DALAM PPL ASEAN, PBI UII BERANGKATKAN MAHASISWANYA KE THAILAND & FILIPINA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Ka. Prodi PBI bersama dengan Awardee dan alumni PPL ASEAN

Guna meningkatkan daya saing lulusan di tingkat global, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali memberangkatkan mahasiswanya untuk mengikuti program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Negara ASEAN pada 18 Januari 2017. Program PPL ASEAN pada periode T.A Semester Ganjil 2017/2018 tersebut merupakan angkatan ke-5 dan kali ketiga keikutsertaan PBI UII dalam exchange program tersebut. Dalam acara pelepasan mahasiswa tersebut, Ka. Prodi PBI UII, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum mengatakan bahwa penyelenggaraan PPL ASEAN angkatan 5 ini berbeda dengan angkatan sebelumnya dimana penempatan mahasiswa PPL ASEAN hanya berpusat di Negara Thailand saja. Pada tahun ini dua mahasiswa PBI UII mendapatkan penugasan dan penempatan di dua Negara ASEAN yaitu Thailand dan Filipina melalui kerjasama dengan South East Asian Minister of Education Organization (SEAMEO).

Program ini ditujukan untuk membekali mahasiswa (calon guru) dengan kompetensi guru berwawasan yang global untuk menghadapi persaingan yang lebih ketat khususnya di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Melalui PPL ASEAN angkatan ke-5 ini, PBI mengirimkan 2 mahasiswanya, yaitu Kartika Talia dan Noorina Nyesti Rahmawati yang masing-masing akan disupervisi oleh host university mereka (Chiang Rai Rajabhat University & Pangasinan State University) selama program.

Kedua mahasiswa PBI UII tersebut akan melaksanakan praktek mengajar di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di masing-masing negara tujuan. Program ini akan berlangsung selama 4 minggu dengan berbagai kegiatan, diantaranya minggu 1 dipergunakan untuk orientasi kampus yang berisi orientasi budaya, bahasa maupun informasi terkait penugasan yang akan diselesaikan selama berada di negara tersebut. Minggu ke 2 akan diisi dengan observasi pelaksanaan teaching learning process/ KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)  di sekolah tujuan. Selanjutnya di minggu ke 3, mahasiswa akan melakukan praktek mengajar Bahasa Inggris dan di minggu terakhir mahasiswa ditugaskan untuk melakukan refleksi dan menuliskan laporan kegiatan selama PPL.

Sesi pembekalan bersama dengan Awardee PPL ASEAN Batch 5

Disamping melaksanakan teaching learning process atau KBM di dalam kelas, mahasiswa juga akan mempelajari sistem pengelolaan pendidikan, kurikulum yang digunakan serta implementasi metode pengajaran di tiap sekolah. Mereka juga akan terlibat dalam aktivitas dan budaya sekolah di kedua sekolah di Thailand dan Filipina tersebut.

Di akhir sesi, para awardee PPL ASEAN angkatan sebelumnya berkesempatan menyampaikan sharing experience/ pengalaman mereka selama menjalani PPL ASEAN tahun 2017 yang lalu. Hal ini ditujukkan agar para Awardee PPL ASEAN batch 5 mempunyai gambaran terkait profil negara tujuan, kehidupan sehari-hari,  budaya maupun bahasanya. PIC program yang sekaligus Ka. Prodi PBI berpesan agar mahasiswa melaksanakan tugas PPL dengan baik, menjaga nama baik UII dan Prodi PBI. Jika terdapat hal yang kurang jelas, mahasiswa diminta untuk tidak sungkan bertanya kepada supervisor dan cooperating teacher yang mendampingi mereka. Tak lupa disampaikan  juga oleh Ka.Prodi kepada para peserta terkait pentingnya memanfaatkan dan mengoptimalkan momen dan kesempatan petukaran mahasiswa tersebut sebagai sarana untuk belajar dan bertumbuh menjadi pribadi dan calon profesional guru yang unggul dan kompeten.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *