PRODI PBI UII GELAR STUDIUM GENERALE BERTEMAKAN TEKNIK MENGAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK GENERASI ‘JAMAN NOW’

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Penyampaian materi Studium Generale dengan tema “Teaching English to The NOW Generation Using Appropriate Technology” oleh Laily Amin Fajariyah, M.Pd.

Seiring dengan perubahan jaman, perkembangan teknologi/ Information Communication and Technology (ICT) telah menunjukkan kemajuan yang pesat dan membawa dampak yang sangat signifikan, termasuk di bidang Pendidikan. Salah satunya, proses pembelajaran telah banyak menunjukkan inovasi melalui integrasi dan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran.

Guna menjawab tantangan dalam Pendidikan jaman NOW / era abad 21 tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) menagadakan kuliah umum dengan tema “Teaching English to The NOW Generation Using Appropriate Technology”. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis, 30 November 2017 di Ruang Audio Visual, Gedung Muhammad Hatta, Perpustakaan Pusat Lt. 2 UII tersebut diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2017.

Dalam sambutannya mengawali acara, Ka. Prodi Irma Windy Astuty, S.S., M.Hum menyampaikan bahwa selain untuk mengenalkan prinsip pengajaran Bahasa Inggris dengan integrasi teknologi di jaman sekarang, studium generale juga akan mengenalkan kepada mahasiswa baru beberapa “Global Mobility Program” yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, khususnya Program Program Pengalaman Lapangan ASEAN dan Program Pengalaman Lapangan Australia.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Dr.rer.nat Arief Fahmie, S.Psi., M.A., Psikolog dalam sambutannya juga menyampaikan pentingnya bagi guru di jaman sekarang untuk lebih melek teknologi sehingga mampu mengajar dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pengajaran secara baik. Selain itu, dirinya juga memberikan apresiasi kepada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia atas pencapaian yang telah diperoleh prodi dalam beberapa bidang selama dua tahun terakhir ini.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada PBI, selain capaian atas akreditasi B di tahun 2017, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII juga berhasil meraih juara 1 prodi terbaik dalam Kinerja Karya Ilmiah di Universitas Islam Indonesia untuk kelompok Program Studi Sosial” ungkapnya.

Laily Amin Fajariyah, M.Pd. menjelaskan tentang poin-poin penting dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi bagi pengajaran Bahasa Inggris di dalam kelas

Laily Amin Fajariyah, M.Pd selaku pemateri dalam kuliah umum tersebut kemudian memaparkan tentang CERDIG (Cerita Digital/ Digital Stories), salah satu bentuk teknologi yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran Bahasa Inggris di dalam kelas. Melalui pemanfaatan dan eksplorasinya terhadap CERDIG, Laily pernah dinobatkan sebagai Runner Up Lomba Kreativitas Guru Nasional (LKG) di tahun 2014 dan juara 1 Lomba Best Practice Guru se-Jogja Jateng di tahun 2016.

Laily juga menjelaskan beberapa karakteristik the ‘NOW’ Generation, diantaranya terbuka terhadap sebuah inovasi, terhubung dengan social media, dll. Oleh karenanya, tantangan Guru di jaman sekarang adalah mengaplikasikan teknologi yang sesuai sebagai media ajar didalam kelas. Berkenaan dengan hal tersebut, peserta kuliah umum yang juga sebagai calon guru masa depan diajak untuk membuat CERDIG secara langsung dengan menggunakan aplikasi Kine Master yang diinstal di smartphone.

“Seorang guru wajib memiliki kreatifitas serta gairah berinovasi dalam mengeksplorasi dan mengaplikasikan teknologi secara tepat guna untuk peserta didik” paparnya.

Foto Bersama Pemateri dan Peserta Studium Generale “Teaching English to The NOW Generation Using Appropriate Technology”

Setelah sesi kuliah umum berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan sharing session dengan para Awardee PPL Australia dan PPL Asean 2017 tentang pengalaman mereka selama mengikuti kegiatan tersebut. Dengan harapan setelah sharing tersebut, para peserta dapat termotivasi untuk mengikuti seleksi program serta mengikuti jejak seniornya dalam kegitan global mobility serupa di tahun-tahun mendatang.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *