Mahasiswa PBI Ikuti Kuliah Pakar bersama Dr. Dat Bao dari Monash University

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

(Dr. Dat Bao saat berdialog interaktif dengan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UII)

KALIURANG (UII News) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan kuliah pakar yang menghadirkan Dr. Dat Bao dari Monash University Australia. Kegiatan tersebut diselenggarakan di AllStay Hotel Yogyakarta, pada Kamis, 1 Muharram 1439H/ 21 September 2017M. Tahun ini adalah kali kedua Dr. Dat Bao bertandang ke PBI UII. Sebelelumnya pada tahun 2014 lalu, beliau juga hadir untuk memberikan kuliah pakar dan workshop untuk mahasiswa, dosen-dosen MKU (Mata Kuliah Umum) di UII dan untuk dosen-dosen prodi PBI UII. Kuliah umum yang bertemakan “A Lecture and Workshop on ELT Material Development” ini diikuti oleh mahasiswa PBI UII semester 5 atau yang sedang mengambil mata kuliah Material Development dan Teaching Listening & Speaking Semester Ganjil T.A 2017/2018.

Dat Bao mengawali perkuliahan dengan mengajak mahasiswa berdialog interaktif tentang perbedaan silabus dengan kurikulum, tipe-tipe silabus, dan komponen silabus. Di sesi selanjutnya, Dat Bao memberikan inspirasi pengembangan materi ajar melalui contoh/ best practices pemanfaatan gambar sebagai media pembelajaran di dalam kelas, khususnya gambar-gambar yang dapat memantik kreatifitas dan memfasilitasi daya berfikir kritis mahasiswa. Mahasiswa menyambut positif kuliah pakar bersama Associate Professor dari Universitas Monash tersebut dan nampak antusias mengikuti materi yang disampaikan. Mahasiswa mendapatkan cukup banyak tambahan wawasan dan kesempatan dalam mengkonsolidasikan materi kuliah pakar tersebut dengan bahan kuliah yang mereka peroleh dari beberapa mata kuliah pedagogi/ pengajaran di semester sebelumnya.

Selain menyampaikan kuliah umum kepada mahasiswa di sesi pagi, Dr. Dat Bao juga memberikan workshop dan berdiskusi dengan dosen-dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII dalam rangka mencermati konten dan struktur kurikulum prodi serta memberikan wawasan & rekomendasi tentang inovasi pengembangan materi ajar  untuk beberapa mata kuliah. Dr. Dat Bao juga memberikan sesi konsultasi kepada dosen-dosen PBI UII berkaitan dengan research interests mereka, serta berbagi  teknik penulisan dan strategi dalam mengkaji dan menajamkan topik dan kajian riset mereka sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keberterimaan naskah publikasi dosen-dosen di jurnal internasional yang bereputasi. Di akhir sesi, Dr Dat Bao memberikan salah satu buku terbaru hasil karyanya sebagai kenang-kenangan untuk dosen-dosen PBI UII. Beliau juga menyampaikan kesediaan dirinya dalam mendampingi kegiatan ilmiah / akademik di prodi PBI UII kedepan, baik dalam bentuk kolaborasi penelitian maupun pelatihan jarak jauh  (Faozan/ Irma)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *