AWARDEES PPL AUSTRALIA IKUTI CROSS CULTURAL UNDERSTANDING (CCU) TRAINING

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Peserta Program PPL Australia 2017 PBI UII bersama dengan miss Anita Sartika Dewi, PhD

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menyelenggarakan pelatihan Cross Cultural Understanding (CCU) bagi peserta PPL Australia (angkatan ke 11) pada Sabtu, 26 Dzulqo’dah 1438H/ 19 Agustus 2017 M bertempat di Hotel AllStay Yogyakarta. Pelatihan CCU ini merupakan bagian dari program PPL Australia yang bertujuan membekali mahasiswa peserta PPL Australia tentang kehidupan dan kebudayaan yang berlaku di Negeri Kangguru. Sebelumnya, para peserta PPL Australia telah melewati beberapa tahapan proses seleksi dan pelatihan/ workshop diantaranya: seleksi berkas/ dokumen, seleksi presentasi/ public speaking tentang Indonesia, seleksi presentasi tentang Art Performance, seleksi Art Performance, tes psikologi, training immigrasi, training BIPA, workshop on intercultural competence in language teaching dan workshop photo voiced.

Anita Sartika Dewi, PhD (sebagai koordinator lapangan program PPL Australia di Melbourne, Australia) bertindak sebagai pemateri dalam pelatihan CCU tersebut. Penyampaian materi CCU dilakukan secara dialogis dan interaktif melalui aktifitas tanya jawab, diskusi kelompok dan bedah kasus dengan peserta yang melibatkan berbagai gambar atau tanyangan sebagai prompt diskusi. Lebih jauh, Ms Anita, demikian sapaan akrabnya, memberikan gambaran dan informasi penting kepada calon peserta PPL yang akan menjadi asisten guru selama di Australia tentang tradisi, kebiasaan dan keseharian warga Australia, terutama berkaitan dengan budaya & aturan/ norma di sekolah maupun yang mungkin berlaku di host-family, seperti tentang: penggunaan  uniform di sekolah, bagaimana cara berinteraksi dengan siswa, bagaimana menjaga komunikasi yang baik dengan guru dan anggota keluarga (host-family) di rumah, bagaimana menjalankan ibadah serta menjaga kebersihan selama di Australia, dan lain sebagainya.

Penanggungjawab program PPL Australia, Astri Hapsari, S.S., M.TESOL menuturkan bahwa awardees akan diberangkatkan ke Melbourne pada pertengahan bulan Oktober 2017 mendatang, dan berharap program PPL Australia tahun ini akan menorehkan kesuksesam seperti halnya di tahun-tahun sebelumnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *