CETAK CALON GURU PROFESSIONAL DI KANCAH ASEAN: PBI UII KEMBALI SELENGGARAKAN SEA-TEACHER PROJECT BERKERJASAMA DENGAN SEAMEO

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Peningkatan kualitas Sumber Daya Mahasiswa (SDM) oleh Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII tidak hanya diupayakan melalui sejumlah program (kurikuler maupun co-kurikuler) berskala nasional tetapi juga yang berskala International. Hal tersebut salah satunya diupayakan melalui Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Negara ASEAN/ Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) yang difasilitasi oleh dan dikerjasamakan dengan SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization).

Program SEA-Teacher pada periode kedua tahun 2017  ini diikuti oleh 4 mahasiswa/i PBI UII berprestasi, diantaranya Adi Irma Suryadi (PBI 2014), Nailis Sa’adah ( PBI 2014), Lu’luinNihayah (PBI 2014), dan Ianatul Khoiriyah ( PBI 2014). Program pertukaran calon guru yang juga dikenal dengan nama PPL ASEAN ini dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan, terhitung sejak 6 Agustus 2017 s.d. 2 September 2017.

Sebelumnya, di Ruang Rapat Prodi PBI UII pada Rabu 2 Agustus 2017 M/ 10 Dzulqo’dah 1438 H, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris UII, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum secara resmi melepas keberangkatan mahasiswa peserta PPL ASEAN tersebut, menyampaikan subsidi pendanaan program dan  memberikan pembekalan singkat bagi peserta  terkait pendelegasian mereka mewakili Prodi PBI UII. Keempat mahasiswa/i tersebut akan melaksanakan program PPL di beberapa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas serta di sekolah dasar di beberapa wilayah di Negara Thailand (Surratthani School, Wat Khian School, Pakklong Song School, dan Damrongratsongkroh School).

Program PPL ASEAN ini menandai tahun kedua partisipasi Prodi PBI UII dalam Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) setelah pada tahun 2016 lalu prodi juga mengirimkan 6 mahasiswi/ delegasinya ke Thailand.

Program PPL ASEAN ini ditujukan untuk membekali mahasiswa / calon guru dengan kompetensi sebagai pengajar yang memiliki wawasan global agar lebih siap dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di era Masyarakat Ekonomi ASEAN dan dalam konteks profesionalisme guru di abad 21.

Kedepan, program studi PBI UII akan terus berupaya dan  berkomitmen  untuk secara berkala memfasilitasi keikutsertaan mahasiswanya dalam ajang pertukaran calon guru di tingkat ASEAN tersebut sehingga diharapkan akan lahir semakin banyak lagi calon-calon guru profesional dan berkualitas dari prodi PBI UII.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *