DISEMINASI HASIL PENELITIAN DOSEN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UII DALAM 15th ASIATEFL – 64th TEFLIN INTERNATIONAL CONFERENCE

Sebanyak 4 orang dosen dan 1 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) mendiseminasikan hasil penelitiannya pada 15th Asia TEFL – 64th TEFLIN International Conferenceyang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Konferensi yang bertemakan ELT in Asia in the Digital Era: Global Citizenship and Identity tersebut berlangsung pada 19 – 21 Syawal 1438H/ 13-15 Juli 2017 di Hotel Royal Ambarukmo dan Eastparc Yogyakarta.

Konferensi internasional tahunan Asia TEFL yang memasuki tahun ke 15 dan TEFLIN  (Teaching English as a Foreign Language in Indonesia) ke 64 dihadiri oleh sekitar 676 presenter serta 174 peserta yang berasal dari 29 negara. Konferensi Internasional tersebut merupakan wadah bagi dosen, peneliti, dan praktisi untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris di level International.

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia yang berpartisipasi dalam mendesiminasikan hasil risetnya di Konferensi Internasional tersebut, diantaranya Astri Hapsari, S.S., M.TESOL yang mempresentasikan 2 hasil risetnya yang salah satunya merupakan hasil kolaborasi dengan mahasiswa Porgram Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia. Karya penelitian dari Astri Hapsari berjudul “Sudents Perception on the Implementation of Multiliteracies approach by Using Social Media in Teachers Professional Development Coursework” dan “Internalization of Pre-service Teacher Program: Lesson Learned from Australia Field Study Program”. Sementara itu, Rizki Farani, S.Pd., M.Pd mempresentasikan hasil risetnya yang berjudul “The Implementation of ICT Training for Pre-service Teachers as The Foundation Skill in Integrating Technology in ELT Lesson Plan”. Adapun dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indoensia lainnya, Ista Maharsi, S.S., M.Hum membawakan  hasil penelitiannya yang bertajuk “Gallery Walkfor Teaching a Content Course”. Dosen PBI UII lain yang juga membawakan hasil penelitiannya di wilayah integrasi Information Technology (IT) dalam pembelajaran (Online Learning Material: A Virtual Authenticity Analysis) adalah Puji Rahayu, S.Pd., MLST.

Manajemen dan civitas Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UII turut berbangga dan memberikan apresiasi yang besar terhadap partisipasi aktif dan capaian kinerja penelitian dosen-dosen beserta mahasiswanya. Dengan semangat untuk berinovasi, berbagi dan berkolaborasi, mereka telah ikut berkontribusi dengan  membawa nama Porgram Studi Pendidikan Bahasa Inggris UII dan dalam membangun jejaring prodi ke forum ilmiah International. Semoga kedepan dosen-dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UII mampu meningkatkan sekaligus menjaga kuantitas dan kualitas karyailmiah yang mereka disiminasikan di forum-forum ilmiah Internasional lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.