PBI UII SELENGGARAKAN FOCUS GROUP DISCUSSION: IDENTIFIKASI EFEKTIFITAS PEMBIMBINGAN TUGAS AKHIR MAHASISWA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Focus Group Discussion Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia (PBI UII)

Guna mengevaluasi dan mengoptimalisasikan pembimbingan Tugas Akhir (TA) / Skripsi mahasiswa sekaligus untuk memfasilitasi penyelesaian TA tepat waktu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan FGD (Focus Group Discussion): Identifikasi Permasalahan dan Efektifitas Pembimbingan Tugas Akhir (TA) / Skripsi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 1 Dzulqo’dah atau bertepatan pada tanggal 25 Juli 2017 di ruang Microteaching Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia. Kegiatan Focus Group Discussion  ini diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Indonesia yang sedang dalam proses pembimbingan dan penyelesaian Tugas Akhir Skripsi. Dalam sesi Focus Group Discussion mahasiswa dibagi kedalam beberapa kelompok kecil dengan melibatkan Dosen Pembimbing Skripsi (DPS) sebagai fasilitator dalam diskusi.

Dalamsesi FGD, mahasiswa berkesempatan menyampaikan berbagaipermasalahan yang merekahadapi dalam proses penyelesaian Skripsinya, diantaranya terkait: time management, time availability, komitmen, teknik penulisan, wawasan tentang desain/ metode penelitian  dan target waktu mahasiswadalampenyelesaian Tugas Akhirnya. Selanjutnya, pasca sesi identifikasipermasalahan TA, DPS memandu mahasiswa untuk mengidentifikasi strategi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul. Dalam sesi tersebut DPS juga memberikan wawasan dan alternatif solusi kepada mahasiswa dalam rangka  menemukan titiktemu dan strategi efektif proses pembimbingan & penyelesaian TA.

Di akhirsesi FGD sebelumberakhirnya acara, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengisikuesioner yang merangkum poin-poin potensi permasalahan pembimbingan dan penyelesaian TA mahasiswa. Data yang dihimpun dari kuisioner mahasiswa diharapkan dapat menjadi rujukan untuk mengkonfirmasi dan memperkuat data yang teridentifikasi dari sesi FGD, sehingga manajemen prodi dapat  melakukan pemetaan masalah secara akurat dan merancang strategi solusi yang menjadi prioritas.

Lebih jauh, Kaprodi PBI UII, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum. menyampaikan harapannya terkait hasil dari FGD yang diekspektasikan mampu bersinergi dan berkorelasi positif dengan program PBI UII lainnya (pada tahun 2017 ini) yaitu: Penguatan & revitalisasi pemetaan mata kuliah riset dalam kurikulum prodi.  Pada akhirnya, rangkaian proses diatas diharapkan dapat memfasilitasi penyelesaian Tugas Akhir mahasiswa PBI UII secara lebih berkualitas dan tepat waktu.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *