PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SELENGGARAKAN SOSIALISASI PPL SEKOLAH

Pada hari Kamis (27/4/17) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah dengan 12 sekolah mitra prodi. Kegiatan tersebut  diselenggarakan di laboratorium bahasa  prodi PBI di gedung Moh. Hatta / Perpustakaan Pusat lt. 2, Universitas Islam Indonesia. 

Acara sosialisasi PPL Sekolah tersebut merupakan kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Prodi yang dimaksudkan untuk mengevaluasi kegiatan PPL sekolah di tahun sebelumnya sekaligus untuk memberikan kepemahaman kepada sekolah mitra PBI UII yang baru bekerjasama dengan prodi tentang bentuk,teknis & penjadwalan pelaksanaaan PPL Sekolah tahun 2017.

Pada sosialiasi kegiatan PPL Sekolah tersebut prodi mengundang 12 Sekolah mitra, antara lain SMA 1 Pakem, SMA UII Yogyakarta, SMA Budi Mulia Dua Yogyakarta, SMAIT Bina Anak Saleh (BIAS), SMK 1 Depok Sleman, SMA 1 Kalasan, SMA 2 Ngaglik, SMA 1 Turi, SMA 1 Yogyakarta, SMP 4 Pakem, SMP 1 Pakem, dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Program PPL Sekolah ini merupakan salah satu kegiatan inti kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru dalam bentuk aktivitas magang, observasi dan praktek mengajar maupun tugas keguruan lainnya di sekolah mitra selama 2 bulan. Salah satu tujuannya adalah agar mahasiswa dapat menerapkan berbagai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasinyata.

Penyampaian materi sosialisasi PPL sekolah tersebut diberikan oleh Koordinator PPL Sekolah, Intan Pradita, S.S., M.Hum. “Pendidikan Bahasa Inggris UII tahun ini akan menyelenggarakan PPL Sekolah selama 2 bulan, hal ini berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya yang  pelaksanaannya dijadwalkan selama 1 bulan” paparnya. Setelah penyampaian materi tentang teknis pelaksanaan PPL, sesi kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan membagi peserta (DPL/ Dosen Pembimbing Lapangan dan perwakilan dari sekolah mitra) menjadi beberapa kelompok diskusi. Kegiatan FGD ini dilaksanakan agar terjadi interaksi dan pertukaran informasi penting yang diharapkan dapat merangkum saran, evaluasi dan ekpektasi dari program PPL sekolah yang lalu dan yang akan datang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.