ART PERFORMANCE: Satu Langkah Menuju Negeri Kanguru

Program Pendidikan Bahasa Inggris kembali menyelenggarakan  Art Performance pada hari Kamis 13 April 2017. Art Performance merupakan salah satu tahapan seleksi bagi calon peserta Program Pengalaman Lapangan (PPL) Australia untuk menampilkan beragam budaya yang ada di Indonesia. Peserta yang dinyatakan lolos dalam seleksi sebelumnya yaitu sebanyak 10 peserta. Mereka menampilkan beberapa ragam kebudayaan Indonesia seperti Pencak Silat, Permainan Tradisional dan beragam seni Tari dari berbagai daerah di Nusantara.

Program PPL Australia ini adalah salah satu program unggulan dari Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII yang memfasilitasi global mobility bagi mahasiswanya. Setiap tahun, sejak tahun 2007, prodi D3 Bahasa Inggris dan PBI UII telah mengirimkan mahasiswa/i berprestasinya yang lolos dalam keseluruhan tahapan seleksi PPL untuk berangkatke Melbourne Australia, mereka berkesempatan untuk mengajarkan Bahasa Indonesia dan ragam kebudayaan Indonesia di 3 sekolah (secondary colleges) yang ada di Melbourne, Australia yaitu Mornington Secondary College, Dromana Secondary College, and Rosebud Secondary College selama 2 minggu. Selain itu, mahasiswa/i yang terpilih tersebut akan tinggal bersama dengan orang tua angkatnya (host family) selama mengikuti PPL di Australia.

Sebelum berangkat ke Melbourne Australia para peserta PPL Australia ini harus melewati beberapa tahapan seleksi yang meliputi seleksi dokumen, seleksi presentasi tentang Indonesia, seleksi  presentasi tentang Art performance, seleksi Art performance and tespsikologi. Selanjutnya akan ada training yang meliputi cross-cultural understanding and immigration training kepada peserta yang berhasil lolos ditahap akhir.

Salah satu peserta Art Performance dari angkatan 2015 yang juga berstatus mahasiswa unggulan penerima beasiswa di Pondok Pesantren UII menuturkan bahwa ia sangat senang bisa berkesempatan untuk menampilkan salah satu tarian Indonesia di acara seleksi Art Performance tersebut. Uswatun Hasanah dalam penampilannya menyuguhkan seni tari Indang dari Padang, Sumatera Barat. “Untuk penampilan Art Performance ini, saya mengajak beberapa teman mahasiswi untuk ikut menari bersama saya, karena tari Indang adalah salah satu jenis tarian yang ditarikan oleh beberapa orang secara ganjil”

Melalui Art Performace, para calon penerima beasiswa PPL Australia diajak untuk tidak hanya ikut memperkenalkan & mengajarkan ragam budaya Indonesia tersebut kepada siswa-siswa Australia, tetapi juga didorong untuk mampu memahami dan mengartikulasikan filosofi, nilai serta maksud yang terkandung didalamnya kepada calon audience mereka di negeri Kangguru tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kebermaknaan dalam setiap penampilan mereka dan diharapkan dapat semakin mengukuhkan rasa percaya diri mereka sebagai anak bangsa sekaligus duta budaya yang bangga terhadap identitas ke-Indonesian-nya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.