Diseminasi Karya Ilmiah Mahasiswa dan Dua Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UII dalam Konferensi Internasional di Inggris

Pada the 5th International Conference on Language, Education, and Inovation yang diselenggarakan oleh ICSAI.org di Amba Marble Arch Hotel yang berlokasi di London, prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII mengirimkan tiga delegasinya, yaitu satu mahasiswa dan dua orang dosen yang berpartisipasi sebagai pemakalah dalam konferensi tersebut.

Aryo Arifuddin, mahasiswa prodi PBI UII semester 6 yang sekaligus tercatat sebagai peserta termuda dalam forum ilmiah tersebut, mempresentasikan makalahnya yang berjudul The Preliminary Research of The Perception of International Students Towards Non Verbal Communication in Yogyakarta.  Makalah tersebut merupakan hasil riset kolaborasinya bersama salah satu dosen PBI UII yaitu Intan Pradita, S.S.,M.Hum. Adapun Intan Pradita mempresentasikan makalahnya yang berjudul Documentary Film Production to Teach Intercultural Communication: An Introduction to Media,

sebagai bentuk diseminasi hibah penelitian dosen pemula yang diberikan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII. Selain itu, satu orang dosen PBI UII lainnya yaitu Astri Hapsari, M.TESOL. juga mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul Students’ Perception on Constructivist Learning Environment in Language, Society and Culture Course Design yang juga merupakan hasil penelitiannya dari skema hibah pengajaran Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII yang ia peroleh pada periode semester gasal 2015/ 2016 yang lalu. Ketiga makalah yang telah dipresentasikan tersebut juga telah diterbitkan dalam bentuk prosiding dan sedang dalam tahap seleksi untuk dimuat di jurnal internasional:  International Journal of Language, Literature, Culture, and Education (IJLICE).

Civitas akademika PBI UII turut merasa bangga dan sangat mengapresiasi usaha serta pencapaian para dosen dan mahasiswanya tersebut yang telah berhasil membawa nama prodi dan universitas ke forum internasional melalui sinergi, kolaborasi dan kesungguhan yang mereka tunjukkan dalam karya akademisnya. Selain mencatatkan nama dan menyebarluaskan karya mereka di level internasional, kegiatan internatioal academic mobility yang mereka ikuti juga turut berkontribusi besar dalam peningkatan atmosfer akademik khususnya untuk kegiatan penelitian di kalangan mahasiswa dan dosen prodi. Sekali lagi selamat atas prestasi yang berhasil ditorehkan dan semoga kedepan prodi PBI UII mampu menghasilkan dan meningkatkan jumlah karya-karya ilmiah dosen dan mahasiswanya, baik secara kuantitas maupun kualitas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.