SERIES OF TRAININGS DAN PRE-DEPARTURE ACTIVITIES PROGRAM PPL AUSTRALIA PBI UII: PEMUTAKHIRAN PROGRAM PEMBEKALAN UNTUK PPL AUSTRALIA AWARDEES 2016

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 PPL Australia adalah  salah satu program unggulan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UII yang telah terselenggara sejak tahun 2007. Setiap tahun melalui program ini, Prodi PBI UII mengirimkan mahasiswa / mahasiswi berprestasinya ke Melbourne, Australia.  Mahasiswa/i terpilih tersebut berangkat ke Australia dan berkesempatan untuk mengajarkan Bahasa Indonesia dan kebudayaan Indonesia kepada murid-murid yang ada di 3 sekolah menengah yang ada disana yaitu Mornington Secondary College, Dromana Secondary College dan Rosebud Secondary College. Mahasiswa/i juga akan tinggal bersama keluarga angkatnya (host family) selama mengikuti program PPL Australia tersebut. Selama dua minggu berada di Australia, mahasiswa PBI otomatis mendapatkan kesempatan emas untuk berbaur dan berinteraksi langsung dalam bahasa Inggris dengan keluarga dan teman baru mereka  disana serta secara langsung mengenal budaya masyarakat negeri kangguru tersebut.

Tahun ini, setelah melalui tahapan seleksi, 6 orang awardees PPL Australia diberikan pembekalan berupa series of trainings , yang meliputi Pelatihan Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) pada tanggal 12 Mei 2016 dengan pemateri Intan Pradita S.S., M.Hum, pelatihan keimigrasian, pada tanggal 19 Mei 2016 dengan pemateri Adam Anshori, S.S., MA, pelatihan Cross, Cultural Understanding pada tanggal 12 Juni 2016 dengan pemateri Anita Dewi, PhD (perwakilan Prodi PBI UII di Melbourne, Australia ) dan juga menghadirkan alumni PPL Australia yaitu Muhammad Mukhlas dan Aryo Arifuddin. Series of trainings tersebut diakhiri dengan pre-departure activities, berupa Workshop on Intercultural Competence in Language Teaching, Workshop on Video Recording and Editing, dan Team Building.

Beberapa minggu sbelumnya, para awardees telah melewati 5 tahapan proses seleksi yakni seleksi dokumen, seleksi presentasi tentang Indonesia, seleksi presentasi tentang Art performance, seleksi Art performance dan tespsikologi.

Penanggungjawab pelaksana program PPL Autralia 2016,   Astri Hapsari. S.S., M.TESOL, menuturkan bahwa untuk tahun ini sesuai timeline yang direncanakan keenam awardees akan diberangkatkan pada akhir bulan Agustus, bersamaan dengan dimulainya musim semi di Melbourne. Beliau berharap dengan pembekalan yang lebih baik, pelaksanaan dan hasil dari  program PPL Australia tahun ini bisa menyamaikesuksesan program serupa di tahun-tahun sebelumnya. Program PPL Australia tahunini akan menjadi program yang ke 10 sejak awal dimulainya sekitar tahun 2007 lalu saat diinisiasi oleh prodi D3 Bahasa Inggris UII.

 

 

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *