BERPRESTASI DAN BERBAGI: TEACHING WORKSHOP OLEH MAHASISWA PBI (ALUMNI EPIC CAMP 2016)

Sesuai dengan nama dan tema program EPIC, yaitu Empowered, Prepared, Inspired, and Connected, sebuah program pre-service teacher training yang diselenggarakan oleh RELO (Regional English Language Office) sebuah divisi pendidikan Kedutaan Amerika Serikat, pada tanggal 17 Mei 2016, salah satu EPIC camper atau alumni EPIC camp 2016 yang juga mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII tahun ke-4 yaitu Rahma Nuzulia bersama dosen kelas Microteaching, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum., dan salah seorang fasilitator EPIC program yaitu Sean Stellfox, M.A., mengadakan sharing session yang diberi tajuk Workshop on Teaching: Modelling and Scaffolding.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit tersebut dihadiri oleh mahasiswa prodi PBI UII yang juga peserta kelas Microteaching, alumni dan beberapa dosen prodi. Dalam workshop tersebut Rahma Nuzulia membagikan pengalamannya selama dua pekan mengikuti program EPIC Camp: Pre-service teacher training di Bukittinggi.

Rahma banyak menyampaikan berbagai benefits yang dia peroleh dari keikutsertaannya di program tersebut. Sesi sharing tersebut, sebagaimana ia sampaikan, bertujuan untuk memotivasi adik-adik angkatannya di PBI UII untuk mengikuti program yang berbasiskan beasiswa pelatihan tersebut ditahun-tahun berikutnya. Melalui kegiatan EPIC Camp, Rahma berkesempatan menimba ilmu English Language Teaching dari para master teacher dan trainer yang bertindak sebagai fasilitator program. Di awal sharing session tersebut, Rahma dengan semangat memaparkan tahapan dan prosedur seleksi dan kegiatan camp tersebut.

Di bagian kedua sharing session, melalui format team-teaching dengan Sean Stellfox, Rahma mengantarkan beberapa materi menarik yang merupakan replika dari aktivitas dan pelatihan yang diikutinya. Rahma mengajak peserta workshop untuk berdiskusi, melakukan role-play, bermain ice-breaking games/ activities dan menyanyikan beberapa lagu bahasa Inggris sebagai media pembelajaran. Peserta workshop yang juga mahasiswa kelas Microteaching tampak engaged dan antusias berpartisipasi dalam kegiatan yang menambah referensi teknik mengajar mereka tersebut. Di akhir sesi, Sean Stellfox menyampaikan materi tentang teknik scaffolding untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa asing. Sesi workshop kemudian ditutup dengan memberikan beberapa contoh aktivitas refleksi pembelajaran (learning reflection) sebagai bagian dari evaluasi mengajar guru. 

Kedepan prodi berharap akan semakin banyak mahasiswa PBI UII yang terpilih untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengayaan teaching-learning seperti EPIC Camp yang diselenggarakan oleh RELO-US Embassy tersebut. Prodi sangat mengapresiasi prestasi Rahma sebagai alumni EPIC Camp 2016 dan berterima kasih atas peran aktif dan kontribusinya dalam membagikan ilmu, semangat dan pengalamannya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.