Siswa-siswi Mornington Secondary College Australia Berkunjung ke PBI UII

        Sejumlah siswa dan siswi Mornington Secondary College Australia didampingi oleh 2 orang guru mereka (Murray Belkin dan Diane Hazzlewood) melakukan kunjungan balasan ke Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) pada Kamis, 24 Maret 2016. Kehadiran rombonan disambut hangat oleh Ka. Prodi PBI UII, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum, staf pengajar dan juga mahasiswa PBI yang beberapa diantaranya adalah Australia Field Study Program returnees yang pada tahun 2014 & 2015 lalu mendapatkan kesempatan untuk magang di sekolah yang berlokasi di Melbourne tersebut.

 

         Dalam pidato penyambutan, Ka. Prodi PBI menyampaikan apresiasinya terhadap kunjungan balasan tersebut dan berharap kerjasama yang telah terjalin antara Mornington Secondary College Australia dengan UII sejak tahun 2007 khususnya untuk program PPL Australia (Australia Field Study Program) bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas program. Pihak Mornington Secondary College sebagaimana diwakili oleh Bapak Murray Belkin juga menyampaikan hal serupa. Pihak sekolah Mornington mencatat cukup banyak manfaat yang diperoleh siswa dan sekolahnya dari kunjungan mahasiswa PBI UII setiap tahun ke sekolahnya. Siswa dan mahasiswa dari kedua belah pihak terbukti dapat saling belajar, mengajarkan dan lebih mengenal kebudayaan dan bahasa masing-masing serta mampu meningkatkan pemahaman lintas budaya dan toleransi diantara mereka. Lebih jauh, Belkin juga menyampaikan bahwa pihak Mornington Secondary College telah berencana untuk menjadwalkan kunjungan belajar ke Indonesia, diantaranya ke PBI UII tersebut, sebagai agenda tahunan mulai tahun depan.

        Dalam kunjungan yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam tersebut, selain sesi perkenalan dan bertukar cindera mata, siswa-siswi Mornington Secondary College dan mahasiswa PBI UII kembali dilibatkan dalam sesi diskusi informal tentang ragam budaya dan bahasa kedua negara. Diskusi berlangsung dengan aktif,  dinamis dan akrab karena selain membahas topik-topik yang populer, diskusi juga dilakukan dengan bantuan media visual berupa poster. Usai berdiskusi, kegiatan dilanjutkan dengan campus tour. Rombongan dari Mornington Secondary College diajak untuk melihat-lihat beberapa fasilitas prodi dan kampus diantaranya: laboratorium bahasa, perpustakaan UII dan kunjungan berakhir di situs Candi Kimpulan yang berada di lingkungan gedung Dr. Mohammad Hatta.  Ditemani oleh  para mahasiswa dan dosen prodi PBI UII,  para siswa dan guru Mornington Secondary College tampak sangat menikmati campus tour tersebut dan menyampaikan kekagumannya terhadap atmosfer dan fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus dalam mendukung pembelajaran dan pemeliharaan terhadap situs dan nilai-nilai budaya dan spiritual yang dimilikinya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.