PBI Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Internasional

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis karya ilmiah untuk publikasi di jurnal internasional, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia mengadakanWorkshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk publikasi di Jurnal Internasional dengan menghadirkan pembicara/ pemateri utama Bapak Ribut Wahyudi M.A.

Pemateri adalah dosen Prodi Bahasa Inggris dari Universitas Islam Negeri (UIN) Malang yang juga merupakan kandidat Doktor dari Victoria University of Wellington, dan telah banyak mempublikasikan karya- karyanya di jurnal internasional sejak beberapa tahun terakhir. Pemateri juga merupakan salah satu reviewer jurnal terkemuka dalam bidang ELT (English Language Teaching) dan Applied Linguistics.

Workshop yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 April 2015 di Gedung Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini terdiri dari dua sesi, yaitu: 1) Pemaparan tips dan trik menulis di jurnal international dan 2) Sesi pendampingan penulisan yang diisi dengan kegiatan analisis / bedah artikel jurnal (usulan dari peserta/ dosen-dosen PBI UII).

Workshop selain dihadiri oleh dosen-dosen PBI UII, juga dihadiri oleh dosen di lingkungan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Dari workshop tersebut, satu hal menarik yang dibagikan oleh pemateri dan perlu untuk diaplikasikan dalam langkah – langkah penulisan artikel/ karya ilmiah adalah pentingnya membaca dan mengidentifikasi semua sumber – sumber yang berkaitan langsung dengan topik yang akan ditulis, salah satunya dengan mengacu pada State-of-the-Art article. Proses membaca tersebut berfungsi untuk menganalisis sumber-sumber / referensi relevan tentang topik atau bidang yang menjadi kajian penulis sekaligus mengetahui sejarah perkembangan sebuah ilmu secara kronologis dari satu penulis ke penulis yang lain.

Dengan diselenggarakannya workshop ini diharapkan dosen-dosen PBI UII dapat memenuhi salah satu target akademisnya yaitu memiliki publikasi di jurnal internasional.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.