Mahasiswa PBI UII Tampilkan Budaya Indonesia dengan Menawan Sebelum Berangkat ke Melbourne

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia kembali adakan rangkaian seleksi program Praktek Pengalamanan Lapangan(PPL) Australia 2014. Berbeda dengan proses seleksi pada tahun-tahun sebelumnya, tahap seleksi ‘art performance-unjuk kesenian’ (Kamis, 22 Mei 2014) disajikan lebih unik dengan menggunakan panggung pementasan dengan dekorasi yang mencerminkan keberagaman budaya Indonesia. Semua panitia, dosen, staf dan mahasiswa PBI pun mengenakan busana batik sebagai ungkapan dari apresiasi budaya. Ada sembilan kandidat/mahasiswa yang masih berhak ikut dalam seleksi bertema “Garden Party & Culture Celebrationtersebut.

Kandidat lain sudah tereliminasi dalam tahap seleksi sebelumnya (administrasi, TOEFL, psikotest, wawancara, dan presentasi budaya).

Pada tahap “art Performance” ini, kesembilan kandidat menampilkan beragam kesenian dan kebudayaan asli tanah air dengan sangat menawan, seperti Tari Serampang 12 (Sumatera Utara), Tari Sigeh Pengunten (Lampung), Tari Bajidor Kahot (Jawa Barat), Tari Indang (Sumatera Barat), Tari Jaipong (Jawa Barat), Kesenian Pencak Silat, Kesenian Wayang Kulit, permainan alat musik Angklung, dan beberapa kesenian unik lainnya. Sedangkan dewan juri untuk tahap ini adalah dosen dari PBI UII sendiri, yaitu Raditya Adipramono S.S., M.Pd.BI, Irma Windi Astuti S.S.,M.Hum dan Puji Rahayu S.Pd.,MLST.

Para finalis PPL Australia 2014 yang lolos dalam seleksi ini nantinya masih akan mengikuti beberapa tahapan pelatihan, seperti BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), keimigrasian dan CCU (Cross Culture Understanding) dan akan dipilih empat kandidat yang akan dibiayai berangkat ke Melbourne, Australia. “Semoga para finalis PPL Australia 2014 tersebut nantinya benar-benar dapat lebih mengenalkan budaya Indonesia dan UII di kancah Internasional. Kemudian untuk tahun depan, siswa/i SMA kelas 3 (XII) yang mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FPSB UII melalui jalur Penelusuran Siswa Berprestasi-PSB juga akan mendapat kesempatan yang sama untuk langsung mengikuti proses seleksi PPL Australia ini”, ungkap sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FPSB UII, Puji Rahayu, MLST.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *