Calon Peserta PPL Australia 2013, Lewati Tahap Psikotes

 

ppl-psikotes-2013

 

Mahasiswa calon peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ke Australia Periode 7 yang diselenggarakan Program Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia masuki seleksi tahap 3, yakni Psikotes (wawancara) pada hari Senin, 8 April 2013. Bertindak sebagai pewawancara adalah Dian Sari Utami, S.Psi., M.A, salah satu dosen dari Prodi Psikologi FPSB UII.

Dalam proses ini, peserta mendapat beberapa pertanyaan tentang motivasi keikutsertaan program PPL , sensitivitas terhadap kebudayaan, pemahaman terhadap nilai diri (weakness and strongess), kemandirian, daya juang serta kemampuan kerjasama (teamwork).

Terkait motivasi kepesertaan, menurut Bu Dian kebanyakan peserta ingin mendapatkan pengalaman baru dan mengenalkan kebudayaan Indonesia ke Australia. Namun demikian ada beberapa peserta yang memiliki motivasi lain, seperti ingin berlatih menjadi guru, ingin mengintegrasikan dengan bidang ilmu yang ditekuni sekarang (selain bahasa Inggris), serta ada yang berniat menjalin kerjasama/networking untuk masa mendatang.

Tahap seleksi paling dekat yang harus ditempuh calon peserta adalah Presentation & Interview yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 11 April 2013. Masing-masing peserta sudah mendapatkan materi presentasi, seperti Indonesia: the Multilanguage Nation, Indonesian Education, Handicraft, Indonesian Traditional Games, Religious Life in Indonesia, Exotic Food and Beverages, Beautiful Places in Indonesia, Yogyakarta-Never Ending Asia, serta Indonesian Society: Past and Present.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.