Stadium General Students Learning Habit in Competence Based Curriculum” di PBI UII

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

 

stadium-general-pbi-uii

 

“Students’ Learning Habits in Competence Based Curriculum”. Demikian tema besar Stadium General yang digelar oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, Jumat, 30 November 2012. Hadir sebagai pemateri adalah Anindito Aditomo, staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang sangat mahir dalam berbahasa Inggris. Acara dibuka langsung oleh Dekan FPSB UII, H. Sus Budiharto, S.Psi., M.SI., Psikolog.

Stadium general yang dihadiri oleh mahasiswa dan juga siswa-siswi SMA sekitar UII diawali dengan bagi-bagi cerita peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ke Australia yang telah kembali ke tanah air, yakni Sapta, Trie Lestari, Nur Rahmah dan Kiky. Keempat mahasiswa Prodi Bahasa Inggris tersebut menceritakan secara detil kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan di Australia, seperti mengajar bahasa Indonesia, mengajarkan tari daerah (salman, gantar, kuda lumping), dan juga mengajarkan beberapa kerajinan tangan asal Indonesia, seperti batik dan membuat anyaman ketupat. Selain itu, mereka juga menceritakan proses pembelajaran (kurikulum) di tingkat SMP yang ternyata relatif mirip dengan kurikulum sebuah perguruan tinggi. Asyiknya hidup di tengah-tengah keluarga Australia yang sangat nyaman dan menyenangkan pun tak lupa mereka ungkapkan.

Di sesi kedua, Anindito Aditomo menyampaikan materi ‘Developing competence in ESL’. Menurutnya kurikulum berbasis kompetensi bisa dimulai dari sesuatu perbuatan spesifik yang dilakukan oleh siswa usai menerima instruksi. Secara intuitif, kurikulum berbasis kompetensi mengandung instruksi pencapaian tujuan yang spesifik, bisa menjadi pedoman bagi guru dan murid serta bersih dari penafsiran.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada para hadirin yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panitia.

 

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *