Seminar ‘English as International Language’

 

Di beberapa negara tetangga, Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa kedua. Misalnya English Malaysia, English Singapore maupun English Jepang. Hal tersebut diungkapkan oleh Anita Sartika Dewi, SE., S.Sos., M.Si., Ph.D, doktor baru FPSB UII Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FPSB UII dalam sebuah seminar bertema ‘English as International Language’ yang diselenggarakan pada hari Jumat, 8 Juni 2012 di Auditorium FPSB UII.

Di sesi awal dalam seminar yang diikuti oleh para staf pengajar (guru) SMA/SMK se-Jogja tersebut, Doktor lulusan Monash University ( Australia) itu banyak memaparkan seputar sejarah dan juga perkembangan Bahasa Inggris di dunia, baik Bahasa Inggris dengan ejaan Amerika maupun ejaan Britania sebelum akhirnya banyak membahas permodelan Bahasa Inggris yang ada di negara tetangga khususnya model Jepang (The Model of Japanese English) yang dibuat oleh Hino.

Sebagai penutup, Ibu Anita melemparkan pertanyaan sekaligus gagasan untuk membuat model Bahasa Inggris ala Indonesia. Semoga nantinya akan ada Bahasa Inggris Model Indonesia yang lebih mudah dipahami oleh bangsa sendiri maupun bangsa lain di dunia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.